BERITA

Kemenkes: 59 Pelaku Perjalanan dari India Positif Covid-19

Kemenkes: 59 Pelaku Perjalanan dari India Positif Covid-19

KBR, Jakarta - Sebanyak 59 pelaku perjalanan dari India positif terinfeksi covid-19.

Juru bicara vaksin covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi menyebut, dari 59 pelaku perjalanan itu, 49 di antaranya merupakan Warga Negara India. Sementara 10 orang lainnya Warga Negara Indonesia (WNI).

Siti mengatakan, dari jumlah tersebut, 26 orang di antaranya tengah dilakukan pemeriksaan pengurutan genom lengkap atau whole genom sequencing.

"Pemeriksaan genom ini, kata dia, untuk mengetahui apakah ada potensi mutasi virus B.1.617 ataupun B117," katanya dalam keterangan pers, Kamis (6/5/2021).

Selain itu, 26 orang yang diperisa genomiknya ini adalah pelaku perjalanan yang datang pada periode 10 hingga 25 April 2021.

Nadia mengatakan, pemeriksaan genom juga akan dilakukan pada sampel kasus sebelumnya, yaitu pada pelaku perjalanan dari India, periode 28 Desember 2020 sampai 10 April 2021.

"Saat ini Kemenkes masih menunggu hasil dari pemeriksaan whole genom sequencing tersebut," tambahnya.

Editor: Kurniati Syahdan

  • whole genom sequencing
  • vaksinasi
  • India
  • warga india
  • Kemenkes

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!