BERITA

Kapolri Luncurkan Aplikasi Binmas Online, Apa Itu?

Kapolri Luncurkan Aplikasi Binmas Online, Apa Itu?

KBR, Jakarta- Kapolri Listyo Sigit Prabowo ingin menciptakan model pemolisian prediktif melalui aplikasi Binmas Online System. Aplikasi tersebut diluncurkan oleh Sigit, Rabu, 5 Mei 2021.

Melalui aplikasi ini, laporan-laporan dari Bhabinkamtibmas dari seluruh desa akan dihimpun ke pusat data di Mabes Polri untuk diolah.

"Dan kemudian disatukan dalam sistem big data. Dari data tersebut tentunya kemudian akan bisa dilakukan prediksi-prediksi dengan memanfaatkan artificial intelligence. Sehingga kita bisa melakukan perkiraan-perkiraan terkait dengan masalah-masalah gangguan kamtibmas yang akan terjadi," kata Sigit di Auditorium STIK, Rabu (5/5/2021).

Kapolri Listyo Sigit Prabowo menambahkan, aplikasi Binmas juga bisa digunakan masyarakat untuk menjalin interaksi. Nantinya, aplikasi tersebut akan diintegrasikan dengan kementerian dan lembaga lain.

Pemolisian prediktif menjadi salah satu janji Sigit saat menjalani uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri di DPR, akhir Januari lalu. Kala itu, Sigit ingin melakukan transformasi Polri dengan pemeliharaan kamtibmas dan penegakan hukum yang prediktif.

Editor: Sindu Dharmawan

  • Kapolri
  • Mabes Polri
  • Aplikasi Binmas Online System
  • Listyo Sigit Prabowo
  • Bhabinkamtibmas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!