BERITA

BI: Volume Transaksi Digital Naik 60 Persen

"Bank Indonesia akan terus mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien."

Resky Novianto

BI: Volume Transaksi Digital Naik 60 Persen
Gedung Bank Indonesia. Foto: bi.go.id

KBR, Jakarta- Volume transaksi perbankan digital atau digital banking meningkat pada awal kuartal kedua tahun ini. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan pada April 2021, transaksi digital tumbuh puluhan persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan, nilai transaksi pembayaran menggunakan kartu ATM, kartu debet, dan kartu kredit pada April 2021 tercatat Rp679,6 triliun, atau tumbuh 33,13 persen secara year on year (yoy).

"Volume transaksi digital terus meningkat, di mana pada April 2021, tumbuh 60,27 persen (yoy) mencapai Rp572,8 juta transaksi dengan nilai transaksi digital banking yang tumbuh 46,36 persen (yoy) menjadi Rp3.114,1 triliun," ujar Perry dalam Konferensi Pers Daring di Kanal Youtube BI, Selasa (25/5/2021).

Perry Warjiyo menjelaskan kebijakan sistem pembayaran Bank Indonesia masih terus diarahkan untuk mempercepat digitalisasi sistem pembayaran dan akselerasi transaksi ekonomi dan keuangan digital.

Menurutnya, hal itu terus berjalan dan dilakukan seiring kecenderungan masyarakat untuk berbelanja daring, serta meluasnya pembayaran digital dan akselerasi digital banking.

Perry menambahkan, Bank Indonesia akan terus mendorong akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan yang inklusif dan efisien.

Editor: Sindu Dharmawan

  • Bank Indonesia
  • BI
  • Digital Banking
  • Bank Digital
  • Perbankan Digital
  • Transaksi digital banking

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!