Anies Bantah Kabar Mall di Jakarta Buka 5 Juni 2020

"Kalau saat ini ada yang mengatakan bahwa mal akan buka tanggal 5 (Juni), itu imajinasi. Itu fiksi. Karena belum ada aturan manapun yang mengatakan PSBB diakhiri."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 27 Mei 2020 11:56 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Anies Bantah Kabar Mall di Jakarta Buka 5 Juni 2020

Salah satu mal di Jakarta yang ditutup sebagian besar operasionalnya karena PSBB, Selasa (26/5/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat menyatakan bahwa puluhan mal di Jakarta akan kembali buka pada 5 Juni 2020.

Tapi, hal itu kemudian dibantah oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan bahwa mal akan buka tanggal 5 (Juni), itu imajinasi. Itu fiksi. Karena belum ada aturan manapun yang mengatakan PSBB diakhiri," tegas Anies saat melakukan pengecekan pembatasan kendaraan di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa malam (26/5/2020). 

"Dan saya selalu mengatakan, PSBB ini bisa PSBB penghabisan, tapi bisa juga diperpanjang. Tergantung pantauan atas kegiatan masyarakat selama dua minggu ini," lanjutnya.

"Tidak benar (mal pasti dibuka tanggal 5 Juni), jadi tidak ada. Bahwa PSBB berakhir tanggal 4 (Juni), itu PSBB yang sekarang. Tapi PSBB bisa diperpanjang, bisa berakhir," tegas Anies lagi.

Anies mengatakan fase new normal atau kenormalan baru akan ditentukan setelah ada keputusan bahwa PSBB diakhiri. Setelah itu, pihaknya akan menyampaikan protokol kenormalan baru untuk setiap kegiatan industri dan perusahaan.

Anies pun menegaskan pembatasan kendaraan masuk ke Jakarta akan dilakukan setidaknya hingga 7 Juni 2020 mendatang. Ia memastikan petugas di perbatasan Jakarta tak akan memberi akses kendaraan yang tidak mengantongi surat izin keluar masuk (SIKM).

"Tahan sampai masa pembatasan ini selesai, kira-kira sekitar tanggal 7 (Juni) operasi ini akan dituntaskan. PSBB ini kan sampai tanggal 4 (Juni), tapi operasinya sampai tanggal 7 (Juni). Dan inilah fase pengamanan Jakarta. Saya perlu garis bawahi, ini untuk melindungi warga Jakarta, untuk menghargai jutaan orang yang berada di rumah. Agar kita tidak kembali ke situasi bulan Maret dan April kemarin," ujarnya.

Hingga Selasa (26/52020), data Pemprov DKI menunjukkan jumlah pasien positif Covid-19 di Jakarta sudah mencapai 6.689 kasus. Sebanyak 2.044 pasien masih dirawat, 1.678 sembuh, dan 508 orang meninggal. 

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Bersih-bersih Mafia Hukum dari Hulu Sampai Hilir