Mudik Lebaran 2019, Tarif Tol Diskon 15 Persen

Diskon hanya berlaku pada waktu tertentu, dan akan dicabut pada perkiraan puncak arus mudik.

BERITA , NASIONAL

Senin, 27 Mei 2019 17:00 WIB

Author

Adi Ahdiat

Mudik Lebaran 2019, Tarif Tol Diskon 15 Persen

Foto udara Gerbang Tol CIkarang Utama, Bekasi, Jawa Barat (16/5/2019). (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A/aww)

KBR, Jakarta - Menyambut momen mudik Lebaran 2019, Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) memberlakukan diskon tarif tol sebesar 15 persen.

Diskon ini hanya berlaku pada tanggal-tanggal tertentu, yakni:

  1. 23 – 25 Mei 2019, dan;
  2. 10 – 12 Juni 2019.

Ketua ATI, Desi Aryani, mengatakan diskon ini diberlakukan untuk menghindari penumpukan kendaraan. Diskon akan ditiadakan selama masa perkiraan puncak arus mudik maupun arus balik.

"Pemberlakuan diskon ini juga menghentikan pembayaran perjalanan menerus dalam satu cluster tol Trans Jawa yang ditetapkan sejak tanggal 23 Mei 2019," ujar Desi Aryani dalam rilisan pers Kementerian PUPR, Jakarta (27/5/2019).

Kebijakan ATI diapresiasi oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Danang Parikesit, "Kami (Kementerian PUPR) sangat menghargai inisiatif badan usaha jalan tol yang tergabung dalam Asosiasi Jalan Tol Indonesia untuk memberi diskon tarif tol, menunjukkan kepedulian pada masyarakat dan memberikan tambahan kebahagiaan di hari raya. Tetap jaga keselamatan jalan, serta selalu waspada dalam berkendara,” ujarnya (24/5/19).


Bonus Lainnya

Di samping diskon, para pemudik tahun ini bisa menikmati “bonus” tarif tol gratis di sejumlah ruas tol baru.

Di wilayah Jawa, tarif tol gratis berlaku di:

  1. Ruas Tol Pandaan – Malang seksi 1 – 3
  2. Ruas Tol Pandaan – Malang seksi 4

Sedangkan di Sumatera, tarif tol gratis berlaku di:

  1. Ruas Tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang
  2. Ruas Tol Kayuagung – Palembang – Betung
  3. Ruas Tol Medan – Binjai Seksi 1

Untuk memudahkan pemudik mengisi saldo e-toll, Kementerian PUPR telah menyiapkan lokasi top-up ­uang elektronik di gerbang tol dan juga setiap rest area.

Di sepanjang Trans Jawa ada 95 unit rest area yang tersebar dari Merak hingga Surabaya.

Sedangkan di Trans Sumatera, ada 4 unit rest area di ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, 5 unit di ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, serta 11 unit di ruas Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi.

Kementerian PUPR juga berencana memberlakukan sistem perjalanan satu arah (one way) untuk arus berangkat dan arus balik di sejumlah ruas tol.

Untuk arus berangkat, rencananya one way akan diterapkan tanggal 30 Mei 2019 – 2 Juni 2019. Sedangkan untuk arus balik, tanggal 8 – 10 Juni 2019.

 
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Ngopi Bersama Azul Eps34: Abrakadabra! BUMN Induk

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12