Mudik Gratis Penumpang Kapal Laut Naik 87 Persen

"Kita mencoba dari beberapa titik keberangkatan yang memang merupakan favorit dari pemudik."

NASIONAL

Selasa, 07 Mei 2019 11:13 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Mudik Gratis  Penumpang Kapal Laut Naik 87 Persen

Pemudik menggunakan kapal laut pada 2017. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- Kapal laut menjadi moda yang peminatnya naik paling signifikan dalam mudik gratis bersama BUMN tahun 2019. Dibanding tahun lalu, peminat untuk moda ini naik hingga mencapai 87,68  persen. Angka tahun ini sebanyak lebih dari 52.231 penumpang, naik dari tahun sebelumnya yakni sekitar 27.830 penumpang . 

Ketua Satgas Mudik Gratis BUMN Tahun 2019 Budi Rahardjo dalam jumpa pers di Jakarta mengatakan, kenaikan ini dikarenakan titik-titik pemberangkatan merupakan kota strategis bagi pemudik.

"Karena memang kita mencoba dari beberapa titik keberangkatan yang memang merupakan favorit dari pemudik ini pun dilakukan antarpulau tidak di dalam pulau tertentu saja. Yang favorit untuk kapal laut itu adalah  dari beberapa kota baik dalam dan luar  Jawa itu Semarang dan Surabaya. Ini banyak sekali ke Jawa karena memang banyak saudara-saudara kita ini merantau ke luar Jawa." Ujar Ketua Satgas Mudik Gratis BUMN Tahun 2019 Budi Rahardjo, di Jakarta, Selasa (07/05/19).

Budi Rahardjo yang juga Direktur Utama Jasa Raharja ini mengatakan, total ada 138 kapal yang digunakan dalam mudik gratis BUMN tahun ini.  Semuanya menggunakan kapal dari Pelni dan ASDP.

Secara umum, BUMN mengadakan mudik gratis dengan moda bus, kapal laut, kereta api, dan pesawat udara. Program mudik gratis ini diikuti 104 BUMN dengan jumlah pemudik    250.338.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.6: Kuliah di Perancis, Cerita dari Dhafi Iskandar

Insiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarkat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak

Inisiatif Masyarakat untuk Wujudkan Hunian yang Layak