Menko Perekonomian Perkirakan Inflasi Juni Turun

Setelah dilakukan banyak operasi pasar dan penyebaran stok bahan pangan di pasar, harga kembali stabil.

BERITA , NASIONAL

Rabu, 29 Mei 2019 14:56 WIB

Author

Dwi Reinjani

Menko Perekonomian Perkirakan Inflasi Juni Turun

Petugas berdialog dengan pedagang saat melakukan operasi pasar di Pasar Pabaeng-Baeng, Makassar, Sulawesi Selatan. Operasi pasar itu dilakukan untuk memantau kestabilan harga dan ketersediaan kebutuhan pokok jelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H. (Foto: Anta

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memperkirakan inflasi akan turun pada Juni mendatang.

Menurut Darmin, inflasi sempat meningkat di April, karena beberapa harga komoditas melonjak di pasaran. Namun, setelah dilakukan banyak operasi pasar dan penyebaran stok bahan pangan di pasar, harga kembali stabil.

“Kalau dugaan saya rendah itu. Karena apa? Karena yang tadinya bumbu-bumbu itu agak naik sekarang sudah lebih rendah dari bulan lalu. Bulan lalu itu kan naik. Berapa angkanya, lebih baik saya engga ngomong dulu," ujar Darmin, kepada wartawan di kantornya, Rabu (29/5/209).

Darmin mengatakan, harga dari tiket pesawat yang masih tinggi bisa mempengaruhi inflasi. Namun, pengaruh pada inflasi akan sangat kecil sehingga inflasi diprediksi masih akan rendah.

Disinggung akan adanya deflasi, Darmin menyebut belum terlihat ada tanda-tanda deflasi hingga akhir Mei 2019.

Pada minggu keempat Mei 2019, inflasi berada di level 0,47 persen lebih rendah dibanding minggu sebelumnya yang berada di level 0,51 persen.  

Sedangkan jika dilihat berdasarkan bulan ke bulan inflasi diperkirakan akan tetap rendah direntang 0,4 hingga 0,5 persen, dan jika harga komoditas terus stabil, maka inflasi bisa tertahan di level terkecil.

Editor: Kurniati Syahdan 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17