NASIONAL

Ibu Kota Pindah, Jokowi Berencana Tinjau Pulang Pisau

""Jadi saya bisa sampaikan. Kalteng ini kan visi kita memindahkan ibu kota kan sudah sejak zaman Bung Karno, Tapi dulu loh ya. Sekarang dilihat lagi," "

Ibu Kota Pindah, Jokowi Berencana Tinjau Pulang Pisau
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada media usai menunaikan salat tarawih di Masjid Darul Arqam, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Selasa (7/5/2019). (Foto: Antara)

KBR, Palangkaraya- Presiden Joko Widodo berencana meninjau empat kabupaten/kota di Kalimantan Tengah, yang diusulkan sebagai lokasi pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta, yakni Palangka Raya, Kalingan, Gunung Mas, dan Pulang Pisau, hari ini. Jokowi mengatakan, Kalimantan Tengah, terutama Palangkaraya, memiliki keunggulan karena sesuai dengan yang dicita-citakan presiden pertama RI Soekarno, sebagai lokasi ibu kota negara.

Meski begitu, kata Jokowi, pemerintah tetap harus membuat kajian komprehensif untuk memilih lokasi calon ibu kota negara, karena banyak hal yang berubah di Palangkaraya dalam beberapa tahun terakhir.

"Di sini sudah ditunjukkan, oleh Pak Gubernur. 'Oh di sini ada 300 ribu hektar. Kalau Bapak kurang, ditambah di sini masih 60 ribu hektar'. Di sini memang lahannya sangat luas sekali. Besok dilihat, jadi saya bisa sampaikan. Kalteng ini kan visi kita memindahkan ibu kota kan sudah sejak zaman Bung Karno, Tapi dulu loh ya. Sekarang dilihat lagi,"  kata Jokowi di Masjid Darul Arqom Palangkaraya, Selasa (07/05/2019).


Jokowi mengatakan, ia akan meninjau kondisi geografis wilayah Kalteng, dari darat dan udara. Ia berkata, hal lain yang juga akan ia periksa adalah soal kondisi sosiologi masyarakat, masalah lingkungan yang berupa gambut, potensi kebencanaan, dan ketersediaan air bersih. Dalam meninjau lokasi calon ibu kota negara, Jokowi didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran.


Jokowi berjanji mengebut proses kajian pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta. Setelah kajian itu rampung, pemerintah akan langsung berkonsultasi pada DPR untuk menentukan wilayah tujuan pemindahan, sekaligus menyiapkan berbagai payung hukumnya.

Editor: Rony Sitanggang

 

  • ibu kota pindah
  • Presiden Jokowi

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • KABU LAYU5 years ago

    Halo, semuanya, tolong, saya segera ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi kredit yang benar-benar mengubah hidup saya dari kemiskinan menjadi wanita kaya dan sekarang saya memiliki hidup yang sehat tanpa tekanan dan kesulitan keuangan, Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet dan saya ditipu dari 400 juta, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang valid secara kredit dan tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk meminta saran kepada teman saya. tentang cara mendapatkan pinjaman online, kami membicarakannya dan kesimpulannya adalah tentang seorang wanita bernama Mrs. Maria yang adalah CEO Maria Loan. Perusahaan Saya mengajukan pinjaman (900 juta) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman yang disetujui mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena fakta bahwa tidak memerlukan jaminan untuk transfer dari pinjaman, saya hanya diberitahu untuk dapatkan sertifikat perjanjian lisensi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah dimasukkan ke rekening bank saya. Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan 900 juta dolar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa-doa saya dengan memerintahkan pemberi pinjaman saya dengan kredit saya yang sebenarnya, yang dapat memberi saya harapan. Terima kasih banyak untuk Ibu Maria karena telah membuat hidup saya adil, jadi saya menyarankan siapa saja yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu Maria dengan baik melalui Email ([email protected]) ATAU Via Whatsapp (+1 651-243 -8090 ) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang cara mendapatkan pinjaman Anda, Jadi, terima kasih banyak telah meluangkan waktu Anda membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Nama saya kabu wil, Anda dapat menghubungi saya untuk referensi lebih lanjut melalui email saya: ([email protected]) Terima kasih semuanya.