AMSI Imbau Publik Baca Berita dari Sumber Tepercaya

“Ketika ragu apakah sebuah berita benar atau tidak, hoax atau bukan, kembalilah kepada sumber berita yang bisa dipercaya, yaitu media massa,” tegas AMSI.

BERITA , NASIONAL

Rabu, 22 Mei 2019 13:43 WIB

Author

Adi Ahdiat

AMSI Imbau Publik Baca Berita dari Sumber Tepercaya

Ilustrasi. (Foto: KBR/dkw)

KBR, Jakarta - Informasi menyesatkan atau hoax rawan memicu timbulnya aksi-aksi yang merugikan.

Salah satu contohnya baru saja terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat. Pada Rabu pagi (22/5/2019) terjadi bentrokan antara massa dengan aparat keamanan, diduga akibat dipicu berita hoax tentang penembakan terhadap pendemo di Jakarta.

Demi mencegah hal serupa terulang lagi, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) mengimbau publik agar membaca berita dari sumber-sumber terpercaya.

“Ketika ragu apakah sebuah berita benar atau tidak, hoax atau bukan, kembalilah kepada sumber berita yang bisa dipercaya, yaitu media massa,” tegas Ketua Umum AMSI Wens Manggut dalam rilisan persnya (22/5/2019).

AMSI menjelaskan, media massa memiliki wartawan profesional, standar, serta prosedur baku dalam menelusuri informasi dan menerbitkan berita. Karena itu, media massa sudah selayaknya menjadi sumber yang bisa dipercaya publik.

Namun AMSI juga mengimbau pihak media agar disiplin dalam melakukan verifikasi, serta tidak ikut menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya.

Editor: Citra Dyah Prastuti 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kerusuhan Lapas Diduga Dipicu Praktik Diskriminasi