Mudik Lebaran 2017, Ruas Tol Dibuka Hingga Gringsing Batang dan Semarang-Salatiga

Ruas tol fungsional merupakan ruas tol sementara yang hanya dibuka saat H-10 hingga H+10 Lebaran. Royke mengatakan ruas tol fungsional Gringsing akan dibuka selama 24 jam.

BERITA , NASIONAL

Jumat, 05 Mei 2017 18:26 WIB

Author

Widia Primastika

Mudik Lebaran 2017, Ruas Tol Dibuka Hingga Gringsing Batang dan Semarang-Salatiga

Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan jalan tol ruas Batang Semarang Seksi 1 di Desa Tegalari, Kecamatan Kandeman, Batang, Senin (9/1/2017). (Foto: presidenri.go.id/Publik Domain)


KBR, Semarang - Kepolisian memastikan akan membuka ruas tol hingga Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada saat musim mudik Lebaran 2017.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Royke Lumowa mengatakan seharusnya tahun ini ruas jalan tol Batang-Semarang dibuka hingga Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah. Namun karena proyek jalan tol terkendala, pembukaan ruas tol secara fungsional hanya sampai Gringsing.

Ruas tol fungsional merupakan ruas tol sementara yang hanya dibuka saat H-10 hingga H+10 Lebaran. Royke mengatakan ruas tol fungsional Gringsing akan dibuka selama 24 jam.

"Akan tetap diupayakan supaya Gringsing ini bisa tembus sampai Ngaliyan. Tapi karena kendala pembebasan lahan yang masih belum selesai, kita pastikan dibuka sampai Gringsing saja," kata Royke kepada KBR di Semarang, Kamis (4/5/2017).

Meskipun ruas tol fungsional akan dibuka hingga Gringsing, Royke berharap masyarakat yang akan melintas dari barat menuju timur Pulau Jawa, juga menggunakan jalur selatan dan tengah sebagai alternatif mudik.

Untuk jalur selatan, pada lebaran 2017 pemerintah akan mengoperasikan empat jalan layang (flyover) secara fungsional pada H-10 hingga H+10.

"Ada pembangunan empat flyover di Brebes arah selatan, Purwokerto. Sekarang progresnya sudah 65 persen hingga 75 persen. Flyover ada di Gemoleng, Klonengan, Kretek, dan Kesambi," tambah Royke.

Royke mengatakan pada musim Mudik Lebaran 2017 ini, Korlantas Polri memperkirakan terjadi peningkatan volume kendaraan hingga 10 atau 12 persen di jalur pantai utara Jawa (Pantura) dibanding tahun sebelumnya. Karena itu, kata Royke, untuk mencegah penumpukan kendaraan di utara maka jalur mudik akan dialihkan ke jalur tengah dan selatan.

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono optimistis tidak ada kemacetan parah di jalur mudik Pantura atau tol Brebes, seperti tahun sebelumnya. Apalagi pintu tol akan dibuka hingga Gringsing.

"Kalo sampai Gringsing itu saya optimis bisa dibuka. Padahal kalau ada trouble sebenarnya cukup bisa menghindari Pekalongan saja, itu sudah cukup bagus. Apalagi kalau sampai Gringsing dibuka," kata Condro Kirono kepada KBR.

Selain itu, kata Condro, pada lebaran tahun ini pemerintah juga akan membuka ruas tol fungsional tambahan di Jawa Tengah, seperti ruas tol Semarang-Salatiga dan ruas tol Solo-Ngawi. Namun dua ruas tersebut hanya dibuka pada siang hari.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Ngopi Bersama Azul Eps33: Gembira Bersama Temenggung

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Pemisahan Sel Napi LGBT Tuai Protes