BERITA

Kinerja Dianggap Gagal, Anggota Komnas HAM Minta Maaf

" Sandrayati mengatakan lemahnya kinerja Komnas HAM dipengaruhi tidak solidnya para anggota."

Kinerja Dianggap Gagal, Anggota Komnas HAM Minta Maaf
Ilustrasi. (Foto: komnasham.go.id)


KBR, Jakarta - Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2012-2017 Sandrayati Moniaga meminta maaf atas kinerja institusinya yang dianggap gagal menjalankan mandat sebagai lembaga penegak hak asasi manusia di Indonesia.

Permintaan maaf itu disampaikan Sandrayati ketika mengikuti seleksi calon anggota Komnas HAM periode 2017-2022 di Kantor Kementerian Hukum dan HAM. Sandrayati merupakan satu dari lima anggota Komnas HAM periode 2012-2017 yang mendaftar kembali untuk periode kedua.


Sandrayati mengatakan lemahnya kinerja Komnas HAM dipengaruhi tidak solidnya para anggota.


"Saya sampaikan permohonan maaf. Sebagai anggota saya ikut bertanggungjawab atas kondisi Komnas HAM saat ini. Dengan kondisi yang lalu, memang sulit mengembangkan Komnas HAM," kata Sandrayati di depan Panitia Seleksi di kantor Kementerian Hukum dan HAM, Rabu (17/5/2017).


Sandrayati mengatakan seluruh anggota Komnas HAM dan staf periode berikutnya perlu duduk bersama merumuskan strategi kerja ke depan. Menurut Sandrayati, posisi Komnas HAM harus dikembalikan sebagai poros utama penegakkan HAM di Indonesia.


"Komnas HAM itu seperti satu dirigen dalam orkestra. Ada banyak elemen untuk kemajuan HAM. Kita enggak bisa abaikan. Negara sekarang punya banyak lembaga negara yang mengerti HAM. Banyak individu. Tapi bagaimana dia jadi satu dirigen yang bisa menghasilkan permainan cantik," kata Sandrayati.


Ia mengakui kinerja periode lalu menuai berbagai kritik. Saat proses diskusi publik pun sejumlah kritik datang dari calon peserta seleksi. Mereka menilai Komnas HAM telah kehilangan kepercayaan publik termasuk dari korban pelanggaran HAM.


Dalam dua hari ini, 17-18 Mei 2017, Panitia Seleksi Komnas HAM menggelar dialog publik bagi 60 calon anggota Komnas HAM.

 

Baca juga:


Editor: Agus Luqman 

  • komnas ham
  • hak asasi manusia
  • HAM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!