Perpustakaan Nasional Jamin 500 Judul Buku Kiri Aman

Perpustakaan Nasional memastikan 500 judul buku berisi pemikiran kiri disimpan dengan baik.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 19 Mei 2016 09:54 WIB

Author

Ria Apriyani

Perpustakaan Nasional Jamin 500 Judul Buku Kiri Aman

Ilustrasi buku dilarang. Foto: Youtube Banned Books Week American Library Academy.

KBR, Jakarta - Perpustakaan Nasional memastikan 500 judul buku berisi pemikiran kiri disimpan dengan baik. Pelaksana Tugas Kepala Perpustakaan Nasional, Dedi Juanedi mengatakan, ratusan judul itu masuk dalam katagori khusus perpustakaan.

"Terlepas dari terbitan tadi ada yang kiri, kanan, harus disimpan di kami. Kami menyimpan dengan baik sesuai dengan Undang-Undang paling tidak 2 eksemplar. Perpus Nasional sampai kapanpun terbitan yang termasuk terlarang tidak akan dimusnahkan," janjinya, Rabu(18/5/2016).

Baca juga:
Dukung Berangus Buku Kiri, Kepala Perpusnas Ralat Pernyataan 
Istana: Kepala Perpustakaan Nasional Overdosis!

Ia melanjutkan, "bahkan itu disimpan untuk keperluan penelitian. Silakan untuk masyarakat umum dan keperluan tertentu untuk dibaca. Sampai sekarang sudah ada 500 judul dan disimpan dengan baik."

Menurut Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, Titiek Kismiyati, 500 judul itu adalah buku-buku yang dikatagorikan terlarang oleh UU PNPS No.4/Tahun 1963 sebelum UU itu dicabut tahun 2010. Pasca pencabutannya, ia menjamin tidak ada lagi buku kiri lain yang dimasukkan ke koleksi khusus.



Editor: Quinawaty Pasaribu 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Belajar HAM di Museum HAM Munir

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10