Nobar Film Buru Dihentikan, Polisi: Ada Penentangan Warga Sekitar

Juru Bicara Kepolisian Yogyakarta, Any Pudjiastuti mengaku mendapat surat dari pengurus RT/RW setempat agar pemutaran film itu dihentikan

BERITA | NASIONAL

Selasa, 03 Mei 2016 22:24 WIB

Author

Bambang Hari

Nobar Film Buru Dihentikan, Polisi: Ada Penentangan Warga Sekitar

KBR, Jakarta- Polisi menyebut, pemutaran film Pulau Buru di Sekretariat AJI Yogyakarta mendapat penolakan dari warga sekitar. Itu sebab, polisi terpaksa meminta agar acara nonton bareng film itu dihentikan.

Juru Bicara Kepolisian Yogyakarta, Any Pudjiastuti mengaku mendapat surat dari pengurus RT/RW setempat agar pemutaran film itu dihentikan.

"Tentunya Polsek atau Polres di mana ada kegiatan masyarakat itu dilakukan akan mempertimbangkan beberapa hal sebelum memberikan izin kepada pelaksana untuk melakukan kegiatan tertentu. Kira-kira dapat penolakan dari warga sekitar atau tidak. Kalau warga sekitar keberatan, maka kami juga sulit untuk memberikan izin. Sebab resiko terjadinya konflik sangat besar," katanya.

Selain itu ia juga menambahkan, pihak penolak tidak hanya datang dari kelompok intoleran FKPPI saja.

"RT, RW, dan Kecamatan juga sudah mengirimkan surat keberatan kepada kami," katanya.

                                                                                            Doc: KontraS

Sebelumnya, acara pemutaran film dokumenter Pulau Buru Tanah Tanah Air Beta di kantor Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta, dihentikan polisi. Alasannya, pemutaran film mengenai kehidupan tahanan politik ini tak memiliki izin. AJI sendiri menggelar acara ini sebagai bagian perayaan hari kebebasan pers internasional. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kiat Menjalani Isolasi Mandiri bagi Remaja Terinfeksi COVID-19

Bantu Sesama di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 8

Demi Oksigen Somasi Dilayangkan