BERITA

Menlu Retno Serahkan Empat WNI Sandera Abu Sayyaf kepada Keluarga

"Mereka disandera oleh kelompok Abu Sayyaf faksi Alden Bagade dan dibebaskan pada 11 Mei 2016."

Randyka Wijaya

Menlu Retno Serahkan Empat WNI Sandera Abu Sayyaf kepada Keluarga
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Setkab

KBR, Jakarta- Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyerahkan empat Warga Negara Indonesia (WNI) sandera kelompok Abu Sayyaf kepada keluarga. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan korban dalam kondisi sehat.

"Mereka telah menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Gatot Soebroto dan dari hasil pemeriksaan mereka dinyatakan sehat. Oleh karena itu, kami serahkan keempat Warga Negara Indonesia ini kepada pihak keluarga dengan sekali lagi mengucapkan syukur Alhamdulillah," kata Retno Marsudi di Gedung Pancasila, Kemlu, Jakarta, Jumat (13/05/2016).

Keempat WNI itu adalah Nahkoda M Ariyanto Misnan, Chief Officer Lorens Marinus Petrus Rumawi, serta dua staff Dede Irfan Hilmi dan Samsir.

Sebelumnya, kelompok militan asal Filipina Abu Sayyaf menyandera mereka di Pulau Sulu sejak 15 April 2016. Mereka disandera oleh kelompok Abu Sayyaf faksi Alden Bagade dan dibebaskan pada 11 Mei 2016. Mereka dibawa dari Filipina ke Tarakan, Kalimantan tengah dengan kapal laut dan tiba di Jakarta tadi pagi.

Pemerintah memastikan pembebasan sandera dilakukan tanpa uang tebusan. Menlu juga berterima kasih terhadap pemerintah Filipina dan Panglima TNI yang turut serta dalam upaya pembebasan keempat sandera tersebut. 

Editor: Malika

  • pembebasan sandera
  • Abu Sayyaf
  • Menlu
  • Retno Marsudi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!