MA: Kasus La Nyalla Bukan Kewenangan Mahkamah

MA juga mengaku tidak tahu adanya hubungan antara Ketua MA Hatta Ali dengan La Nyalla Mattalitti.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 25 Mei 2016 21:09 WIB

Author

Ninik Yuniati

MA: Kasus La Nyalla Bukan Kewenangan Mahkamah

Foto: Antara

KBR, Jakarta - Mahkamah Agung menyatakan tidak memiliki kewenangan untuk mencampuri kasus yang menjerat La Nyalla Mattalitti. Juru bicara Mahkamah, Agung Suhadi mengatakan, kasus tersebut menjadi kewenangan Pengadilan Negeri Surabaya.

Suhadi juga mengaku tidak tahu adanya hubungan antara Ketua MA Hatta Ali dengan La Nyalla Mattalitti. Termasuk terkait status DPO, La Nyalla.

"Saya tidak tahu kalau La Nyalla itu ditetapkan sebagai DPO, karena Mahkamah Agung itu memeriksa perkara dalam tingkat kasasi dan peninjauan kembali, itu urusannya di tingkat bawah. Kalau kewenangannya setingkat penyidikan, maka Mahkamah Agung tidak ada kewenangan untuk mencampuri urusan dari penyidik. kalau itu dpo, dalam tingkat penyidikan, itu tidak ada kewenangan mahkamah, sepenuhnya kepada penyidik," kata Suhadi di Mahkamah Agung, Rabu (25/5/2016).

La Nyalla Mattalitti ditetapkan tersangka kasus korupsi dana hibah Jatim pada 2012. La Nyalla berstatus sebagai DPO dan tidak diketahui keberadaannya. Kendati berstatus buron, La Nyalla mampu mengajukan gugatan praperadilan tiga kali dan memenangkan seluruhnya. Belakangan, dikabarkan La Nyalla memiliki kedekatan dengan Ketua MA Hatta Ali.

Editor: Sasmito Madrim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 8

Disability Right Fund (DRF) Mitra Disability People Organisation (DPO)