Kompolnas Pastikan Juni Setor Calon Kapolri

"Yang lain-lain terkait masalah Kapolri kita tetap menunggu Wanjakti Polri."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 27 Mei 2016 21:50 WIB

Author

Ria Apriyani

Kompolnas Pastikan Juni Setor Calon Kapolri

Kapolri Badrodin Haiti. (Foto: Setkab)

KBR, Jakarta- Komisi Kepolisian Nasional(Kompolnas) memastikan bulan Juni nama-nama calon pengganti Kapolri Badrodin Haiti sudah disetorkan. Kata Komisioner Kompolnas, Yotje Mende, keputusan nama masih menunggu Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi Polri (Wanjakti).

"Yang lain-lain terkait masalah Kapolri kita tetap menunggu Wanjakti Polri. Jadi kita tidak bicarakan. Hanya penyampaian beliau kalau kita menunggu Wanjakti Polri. Ya beliau ancer-ancer bulan Juni itu sudah ada," kata Komisioner Kompolnas, Yotje Mende  di Kantor Kementerian Kordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jumat(27/5/2016).

Ia tidak menampik bahwa ada kemungkinan Badrodin Haiti tetap dipertahankan. Peraturan Pemerintah No. Tahun 2003 mengatur Kapolri bisa dipertahankan hingga usia 60 tahun dengan syarat dia memiliki keahlian khusus yang masih dibutuhkan oleh kepolisian. Keahlian itu di antaranya dalam bidang identifikasi, penjinak bahan peledak, atau laboratorium forensik.

Sebelumnya Anggota Komisi Hukum DPR Syariffudin Sudding mempertanyakan jika jabatan Badrodin diperpanjang. Sebab, ia menilai Badrodin tidak memiliki keahlian khusus seperti yang diatur dalam PP tersebut.

Saat ini, ada 9 nama pejabat kepolisian dengan pangkat bintang tiga. Kata Yotje, dari 9 orang tersebut, pengalaman dan integritas adalah hal penting yang diperhatikan Kompolnas.

"Ini kan dalam rangka pemilihan Kapolri. Besaran tertentu ada. Kan terkait integritas, kemudian bermoral, dan lain-lain."

Editor: Rony Sitanggang 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Bisnis Sustainable Fashion

Kabar Baru Jam 8