Ke Jepang, Jokowi Tawarkan Bangun Pelabuhan di Subang dan Kereta Jakarta - Surabaya

"Yang sudah kita persiapkan hal yang berkaitan dengan Patimban karena sudah ada pembicaraan antara Menhub dengan pemerintah Jepang,"

BERITA | NASIONAL

Kamis, 26 Mei 2016 14:04 WIB

Author

Ninik Yuniati

Ke Jepang, Jokowi Tawarkan   Bangun Pelabuhan di Subang dan Kereta Jakarta - Surabaya

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana berbincang dengan Seskab Pramono Anung dan sejumlah pejabat pemerintah, sesaat sebelum bertolak ke Jepang, dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo bakal membahas dua proyek infrastruktur dalam kunjungannya ke Jepang. Yakni pembangunan Pelabuhan Patimban dan Kereta Sedang Jakarta - Surabaya. Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, Jepang telah menyatakan minatnya pada dua proyek tersebut. 

Kata dia, pemerintah Indonesia dan Jepang telah banyak membicarakan proyek Patimban, sementara untuk kereta sedang, masih dalam proses pembahasan.

"Yang sudah kita persiapkan hal yang berkaitan dengan Patimban karena sudah ada pembicaraan antara Menhub dengan pemerintah Jepang, dan juga bahkan sampai dengan periodisasi waktu, pembentukan badan usaha pelabuhan dansebagainya. Mengenai kereta api jakarta-Surabaya, itu sedang dalam proses." kata Pramono Anung di Halim Perdanakusuma, Kamis (26/5/2016).

Pramono Anung menambahkan, kereta sedang Jakarta - Surabaya ditujukan untuk membuat waktu tempuh lebih cepat. Namun, belum ada hitungan nilai investasi, lantaran masih akan dibahas dalam lawatan Presiden ke Jepang.

"Penyeberangannya itu masih semuanya di permukaan, sehingga kalau ada mobil lewat masih distop dan sebagainya. Kedua, kualitas relnya sudah cukup bagus, tetapi masih sambungannya dengan cara lama, padahal teknologi yang sekarang itu sudah berubah, itulah yang kemudian diperbaiki nanti," jelas Pram.

Outreac Meeting G-7 

Presiden Joko Widodo melakukan lawatan ke Jepang hingga Jumat besok untuk menghadiri Outreac Meeting G-7. Presiden dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Shinzo Abe dan Presiden Perancis Francois Hollande.

"Presiden mendapatkan undangan secara khusus dari PM Abe untuk menghadiri Outreach G-7, jadi perluasan dari G-7. Dan agenda dalam pertemuan ini terutama sebenarnya membahas tentang bagaimana persoalan ekonomi, dan juga tentunya persoalan keamanan." ujar Pram.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18