BERITA

HMI Laporkan Saut Situmorang ke Bareskrim Polri

" Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dilaporkan ke Bareskrim Polri atas dugaan pencemaran nama baik. "

Gilang Ramadhan

HMI Laporkan Saut Situmorang ke Bareskrim Polri
Ketua PB HMI, Muhammad Fauzi, menunjukan surat tanda bukti lapor di Bareskrim Polri, Senin (09/05/2016). Foto: KBR/Gilang Ramadhan

KBR, Jakarta- Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) melaporkan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang ke Bareskrim Polri atas dugaan pencemaran nama baik. Ketua PB HMI, Muhammad Fauzi mengatakan, pernyataan Saut di salah satu televisi melukai hati kader dan keluarga besar HMI.

"Pernyataan over generalisasi ini tidak bisa kita maafkan begitu saja, tetap harus kita usut (secara hukum)," kata Fauzi di Mabes Polri, Senin (09/05/2016).

Saut Situmorang dalam salah satu program televisi mengatakan; "mereka orang-orang cerdas ketika menjadi mahasiswa, kalau HMI minimal LK I. Tapi ketika menjadi pejabat, mereka korup dan sangat jahat." 

Saut saat itu menjadi salah satu narasumber ‘Harga Sebuah Perkara’ dalam program Benang Merah di TV One pada Kamis 5 Mei 2016 lalu.

"HMI mengecam keras pernyataan itu," ujar Fauzi.

HMI menganggap pernyataan itu tidak pantas dikatakan seorang pejabat negara. Fauzi mengatakan, PB HMI akan meminta dewan penasehat, Komite Etik KPK, dan Komisi III DPR RI untuk meninjau kembali kelayakan dan integritas Saut Situmorang sebagai pimpinan KPK. Mengingat kasus tersebut menyangkut marwah organisasi dan seluruh kader HMI.

"Selain laporan ke sini (Bareskrim Polri), kita juga akan melaporkan ke Komite Etik soal adanya pelanggaran kode etik," kata Fauzi.

Saut Situmorang dianggap tidak mempunyai itikad baik. Fauzi menuturkan, sebelumnya pihak HMI sudah memberikan kesempatan 2 x 24 jam kepada Saut untuk meminta maaf. Namun sampai saat ini belum pernyataan maaf dari Wakil Ketua KPK tersebut. 

Editor: Malika

  • HMI
  • wakil ketua kpk saut situmorang
  • Badan Reserse Kriminal Mabes Polri (Bareskrim Mabes Polri)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!