BERITA

2016-05-12T18:03:00.000Z

Badak Ratu Lahirkan Anak Kedua

"kelahiran ke dua ini merupakan hasil perkawinan Ratu dengan badak pejantan Andalas."

Badak Ratu Lahirkan Anak Kedua
Badak sumatera Ratu melahirkan anak kedua. Dokumentasi: SRS TNWK Lampung Timur

KBR, Lampung- Induk Badak bernama Ratu kembali melahirkan. Kali ini Ratu melahirkan. Anak badak betina itu lahir di kandang Suaka Rhino Sumatera (SRS) Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur pada hari ini, Kamis (12/5/2016).

Direktur Yayasan Badak Indonesia (Yabi) Ramono Widodo memastikan anak badak dan induknya dalam keadaan sehat.

 "Setelah dipantau selama 11 hari ditunggu baru tadi malam jam 3 mulai menunjukkan gejala mau melahirkan," Kata Ramono Widodo.  

Ramono melanjutkan, "Anakan betina yang belum memiliki nama ini mulai menyusui setelah dua jam persalinan."

Dia Menambahkan, kelahiran kedua ini merupakan hasil perkawinan Ratu dengan badak pejantan Andalas. Sebelumnya pada 2012 lalu, Ratu melahirkan Badak jantan.

Badak Sumatera, adalah satu-satunya badak Asia yang memiliki dua cula. Selama bertahun-tahun, perburuan badak Sumatera untuk diambil cula maupun bagian-bagian tubuh lainnya telah berakibat pada semakin berkurangnya populasi satwa tersebut. Hal ini dibarengi dengan semakin menyusutnya kawasan hutan. Saat ini diperkirakan populasi Badak hanya tersisa 100 ekor saja di dunia. Satu kelahiran individu badak telah menambah 1 persen populasi badak. 

Editor: Malika

  • Badak Sumatera
  • badak ratu
  • Taman Nasional Way Kambas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!