Aliansi Aktivis Literasi: Upaya sweeping ini harus kita lawan!

BERITA , NASIONAL

Jumat, 13 Mei 2016 14:56 WIB

Author

Bambang Hari

Aliansi Aktivis Literasi: Upaya sweeping ini harus kita lawan!

Buku yang disita di kamar aktivis AMAN Adlun Figri pada Selasa (10/5)

KBR, Jakarta- Sekelompok orang yang menamakan diri Aliansi Aktivis Literasi melakukan unjuk rasa damai di Taman Ismail Marzuki. Aliansi terdiri dari Goenawan Mohamad, Yusi Avianto, Anton Kurnia, dan juga Okky Madasari. 

Mereka mengkritik upaya aparat keamanan yang menyisir (sweeping), dan menyita buku-buku yang dianggap terkait dengan paham komunis.

Goenawan Mohamad menyebut, upaya sweeping yang dilakukan aparat keamanan merupakan kebodohan yang tak terelakkan. Sebab, sweeping dilakukan tanpa melihat konten, atau isi buku.

"Upaya sweeping ini harus kita lawan! Kita harus banyak lagi bikin buku, dan diskusi-diskusi semacam ini," ujarnya.

Dalam aksinya, aliansi mendesak aparat polisi dan militer segera menghentikan razia dan pemberangusan buku di berbagai daerah.  Mereka juga meminta Pemerintah bersungguh-sungguh melindungi hak-hak warga negara untuk mengakses dan membaca buku, serta melakukan diskusi publik. 

Selain itu, kelompok ini juga mengajak para pemangku kepentingan perbukuan nasional seperti penulis, penerbit, penerjemah, penyunting, penjual buku bersatu menolak pemberangusan buku.

Sebelumnya, Juru Bicara Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), Boy Rafli Amar menyatakan, penangkapan orang yang menggunakan atribut palu arit serta penyitaan atribut dan buku-buku  terkait komunisme sudah sesuai aturan . Boy berdalih, tindakan kepolisian ini untuk membangun kesadaran hukum terkait demokrasi. 

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Perkara Pin Emas Anggota Dewan