BERITA

Urus Pemulangan Pengungsi Bangladesh, Menkum HAM Terbang ke Medan

Urus Pemulangan Pengungsi Bangladesh, Menkum HAM Terbang ke Medan

KBR, Langsa - Pemerintah Indonesia akan memulangkan seluruh pengungsi Bangladesh di Aceh ke negaranya, dalam hitungan hari.

Mereka dipulangkan karena bukan pengungsi konflik, melainkan berlatar belakang ekonomi. 

Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa menyatakan pengungsi Bangladesh akan dipulangkan dari Medan. 

Kementerian Sosial akan bekerjasama dengan Organisasi Migrasi Internasional (IOM) yang menyiapkan tempat transit di Medan. Tempat itu cukup untuk menampung 500 pengungsi.  

"Asal dokumen perjalannya lengkap dari Kementerian Bangladesh, IOM hanya butuh 2-3 hari untuk bisa menyiapkan tiket mereka," ujar Khofifah di Pelabuhan Kuala Langsa, Kota Langsa, Aceh, Minggu (24/5/2015) siang.  

Khofifah menambahkan, Kemensos sudah berkoordinasi dengan Kemenkopolhukam, Kemenkum HAM dan Kemenlu untuk memulangkan pengungsi. 

 Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly akan terbang ke Medan sore ini untuk mempermudah proses imigrasi pengungsi Bangladesh. 

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengunjungi pengungsi Myanmar dan Bangladesh di Aceh. Kementerian Sosial membawa bantuan logistik dan paket bantuan anak. Secara pribadi, Khofifah juga membagikan kerudung dan Al Quran bagi para pengungsi. 

Editor: Agus Luqman 

  • Pengungsi
  • Aceh
  • Indonesia
  • Bangladesh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!