Swasembada Pangan Hanya Wacana

Impor pangan selama 10 tahun terakhir meningkat 346 persen.

BERITA | NASIONAL

Senin, 25 Mei 2015 15:32 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Swasembada Pangan Hanya Wacana

Ilustrasi areal sawah. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Guru Besar IPB, Dwi Andreas Santoso menilai target swasembada pangan yang diutarakan pemerintah, hanya sebatas wacana. Dia justru melihat situasi pangan di Indonesia saat ini tengah kritis. Hal ini, kata dia, terlihat dari tingginya impor pangan 10 tahun yang meningkat 346 persen.

"Kenapa kemarin harga beras melonjak tinggi di bulan Januari 2015. Stok beras kita baik yang dipegang oleh pemerintah ataupun masyarakat terendah selama tiga tahun terakhir ini,” kata Dwi (25/5/2015).

Dwi menjelaskan, awal Januari 2013 lalu stok beras masih 7,4 juta ton. Namun pada tahun 2014 menurun 6,5 juta ton, dan pada awal Januari tahun ini menurun hingga 5,5 juta ton.

Sebelumnya, Pemerintah telah berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan swasembada pangan. Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo menargetkan swasembada padi, jagung dan kedelai tercapai dalam waktu tiga tahun.

Editor: Malika

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Korea Utara Melarang Kedatangan Turis Mancanegara Demi Melindungi Penduduknya Dari Virus Corona