BERITA

Swasembada Pangan Hanya Wacana

"Impor pangan selama 10 tahun terakhir meningkat 346 persen."

Khusnul Khotimah

Swasembada Pangan Hanya Wacana
Ilustrasi areal sawah. Foto: Antara

KBR, Jakarta - Guru Besar IPB, Dwi Andreas Santoso menilai target swasembada pangan yang diutarakan pemerintah, hanya sebatas wacana. Dia justru melihat situasi pangan di Indonesia saat ini tengah kritis. Hal ini, kata dia, terlihat dari tingginya impor pangan 10 tahun yang meningkat 346 persen.

"Kenapa kemarin harga beras melonjak tinggi di bulan Januari 2015. Stok beras kita baik yang dipegang oleh pemerintah ataupun masyarakat terendah selama tiga tahun terakhir ini,” kata Dwi (25/5/2015).


Dwi menjelaskan, awal Januari 2013 lalu stok beras masih 7,4 juta ton. Namun pada tahun 2014 menurun 6,5 juta ton, dan pada awal Januari tahun ini menurun hingga 5,5 juta ton.


Sebelumnya, Pemerintah telah berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan swasembada pangan. Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan Presiden Joko Widodo menargetkan swasembada padi, jagung dan kedelai tercapai dalam waktu tiga tahun.

Editor: Malika

  • Swasembada
  • Pangan
  • Beras
  • IPB
  • swasembada pangan
  • impor

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!