BERITA

PT KAI Operasikan Jalur Angkutan Barang Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap

"Pengoperasian jalur ini merupakan upaya mendukung pemerintah terkait integrasi model transportasi laut dan kereta api untuk memaksimalkan penyaluran barang antar pulau dan ekspor-impor."

Muhamad Ridlo Susanto

Lokomotif Kereta Api.  Foto: Antara
Lokomotif Kereta Api. Foto: Antara

KBR,Cilacap - PT Kereta Api (KAI) Daop 5 Purwokerto mulai mengoperasikan jalur angkutan barang Pelabuhan Tanjung Intan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Pengoperasian jalur ini merupakan upaya mendukung pemerintah terkait integrasi model transportasi laut dan kereta api untuk memaksimalkan penyaluran barang antar pulau dan ekspor-impor.

Manajer PT KAI Daop 5, Syarifudin mengatakan persiapan pengoperasian jalur pelabuhan ini sudah dimulai awal Maret lalu. Beberapa yang diperbaiki antara lain penggantian rel dengan ukuran lebih besar sehingga lokomotif barang ukuran besar (CC) bisa masuk ke pelabuhan.

Kemudian pembenahan juga dilakukan di jalur antara Pelabuhan Tanjung Intan menuju Stasiun Cilacap. Selain itu dibangun beberapa terminal khusus barang yang berdekatan dengan akses transportasi darat, seperti di Notog dan Karangsari Kabupaten Banyumas. Beberapa barang yang bakal diangkut antara lain pupuk, gula rafinasi, tepung dan beberapa barang impor.

"Kemudian kami sudah mengangkut pupuk Pusri dan barang impor lainnya.  Kalau satu gerbong itu 30 ton itu dua truk. Misalnya dilewati 30 atau 40 truk jalan kita bisa hancur. Bukan hanya hancur tapi macet. Bukan hanya macet tapi bisa menimbulkan kecelakaan. Maka dari itu PT KAI memiliki keinginan berkontribusi mengangkut barang-barang yang ada di sekitar Cilacap", ujar Syarifudin, Kamis ( 14/5/2015).

Syarifudin menambahkan pengoperasian jalur pelabuhan ini juga mempertimbangkan kerusakan jalan yang ditimbulkan oleh ratusan truk bermuatan penuh yang membawa barang dari pelabuhan ke kota lainnya. Pengangkutan barang menggunakan kereta menurut dia adalah solusi terbaik. Ia mengklaim pengoperasian jalur pelabuhan juga didukung pelaku usaha ekspor dan impor barang. Frekwensi lalu lintas barang yang tinggi di Pelabuhan Cilacap menjadi pertimbangan utama pengoperasian jalur tersebut.

Editor: Malika 

  • PT KAI
  • Daop 5 Purwokerto
  • cilacap
  • pelabuhan tanjung intan
  • angkutan barang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!