BERITA

Pemerintah Siap Kirim 350 KK Transmigran ke Perbatasan Kalimantan

"Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bakal mengirimkan 350 kepala keluarga transmigran ke daerah perbatasan Kalimantan. "

Ninik Yuniati

Pemerintah Siap Kirim 350 KK Transmigran ke Perbatasan Kalimantan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar (kiri) bersama Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar (tengah), Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan (ka

KBR, Jakarta- Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi bakal mengirimkan 350 kepala keluarga transmigran ke daerah perbatasan Kalimantan. Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan, para transmigran tersebut berasal dari berbagai daerah di Pulau Jawa. Kata dia, setiap kepala keluarga akan menerima dana hidup Rp 3,5 juta perbulan dan lahan minimal 2 hektar. Di daerah transmigrasi tersebut, mereka bisa menggarap lahan untuk perkebunan dan pertanian.

"Yang tahap pertama yang sudah siap, kurang lebih ada 350 KK, dari daerah Jawa. Semuanya rata, Jawa Tengah, Timur, rata di situ. Di Kalimantan, di daerah-daerah perbatasan di seluruh Kalimantan, terutama di Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat, ini menjadi prioritas kita dulu," 
kata Marwan Jafar seusah penandatangan nota kesepahaman sinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang di Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Kalibata, Jaksel (8/5).

Dan juga ada transmigrasi lokal, yang juga kita kembangkan dengan pemerintah daerah," ujarnya lagi.

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar menambahkan, program transmigrasi ini ditargetkan mampu memobiliasi 40 juta orang selama lima tahun. Kata dia, pihaknya fokus menggarap daerah perbatasan dari 144 kawasan transmigrasi yang tercatat. Sementara terkait penyediaan lahan, Menteri Marwan menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang dan menuangkannya sebuah nota kesepahaman yang telah ditandatangani hari ini.


"(Kementerian-red) Transmigrasi sendiri punya lahan kurang lebih 600 hektar, nanti ditambahi Pak Ferry (Menteri Agraria Ferry Mursidan Baldan-red) dan Bu Siti (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya-red) kurang lebih ada 3,5 juta hektar sementara ini yag sudah teridentifikasi, akan kita terus menerus detailkan," tutup Marwan.

Editor: Dimas Rizky

  • Transmigran
  • transmigrasi
  • kalimantan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!