BERITA

Pemerintah Harus Lakukan Ini untuk Pengungsi Rohingya

Pemerintah Harus Lakukan Ini untuk Pengungsi Rohingya

KBR, Jakarta - Pemerintah Indonesia diminta tidak menerima pengungsi Rohingya dan Bangladesh sebagai warga negara. Pengamat Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana beralasan, kebijakan tersebut justru menimbulkan permasalahan baru bagi pemerintah, seperti menyediakan lapangan pekerjaan.

"Indonesia tidak boleh lebih dari memberikan bantuan kemanusiaan, seperti misalnya menjadikan mereka warga kita. Karena ini akan menambah permasalahan di Indonesia," kata Hikmahanto di KBR Pagi, Rabu (20/5/2015).

Kata dia, pemerintah semestinya tidak memberikan bantuan lebih dari memberikan bantuan kemanusiaan.

"Mereka bisa saja mengundang kerabat mereka, untuk keluar dari Myanmar tujuannya ke Indonesia. Artinya di tahun-tahun ke depan, kalau kita tidak hati-hati, kaum Rohingya akan banyak ke Indonesia," tambah.


Pengamat Hukum Internasional, Hikmahanto Juwana menambahkan, pemerintah Indonesia bisa mengajak Myanmar dan Bangladesh duduk bersama mencari solusi. Selain itu, Indonesia juga bisa membawa masalah ini ke level regional yakni di ASEAN bahkan ke internasional.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • Rohingnya
  • Pengamat Hukum
  • Hikmahanto
  • Bantuan
  • Toleransi
  • pengungsi Rohingya terdampar di Aceh

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!