MA: Putusan Hakim Haswandi Bisa Dipertanggungjawabkan

Juru bicara MA, Suhadi mengatakan, apapun pertimbangannya, MA tidak akan membatasi kewenangan hakim.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 28 Mei 2015 10:21 WIB

Author

Gun Gun Gunawan

MA: Putusan Hakim Haswandi Bisa Dipertanggungjawabkan

KPK

KBR, Jakarta - Mahkamah Agung menunggu salinan putusan sidang praperadilan Hadi Poernomo untuk menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung (Perma). Juru bicara MA, Suhadi mengatakan, apapun pertimbangannya, MA tidak akan membatasi kewenangan hakim.

"Ada dua pendapat. Yang pertama KPK bisa mengangkat penyidik. Tapi pendapat kedua, dikatakan penyidik, penyelidik, dan penuntut umum pada KPK. Jadi sudah menjadi pegawai KPK dulu, baru diangkat," kata Suhadi kepada KBR, Kamis (28/5/2015). 

Sementara terkait sidang praperadilan Hadi Poernomo, Suhadi menilai baik pihak penggugat maupun KPK sebagai tergugat sudah diberi kesempatan yang sama untuk menyampaikan argumentasinya. Selain itu, kata dia pertimbangan hakim Haswandi dapat dipertanggungjawabkan.

Sebelumnya KPK kalah dalam sidang praperadilan yang diajukan bekas Dirjen Pajak Hadi Poernomo. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan mengabulkan permohonan praperadilan yang diajukan Hadi Poernomo terhadap KPK. Dalam pertimbangannya, Haswandi menyatakan, KPK telah melanggar prosedur dalam menetapkan seorang tersangka. Sebabnya, penyidik dan penyelidik KPK dianggap ilegal. Kekalahan tersebut adalah yang ketiga buat KPK.


Editor: Quinawaty Pasaribu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN