Luas Lahan Meningkat, Mentan Optimistis 2017 Swasembada Beras

Hingga bulan ini, sekira 40-60 persen lahan sudah ditanami.

BERITA , NASIONAL

Senin, 11 Mei 2015 18:09 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Luas Lahan Meningkat, Mentan Optimistis 2017 Swasembada Beras

ilustrasi areal sawah. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Kementerian Pertanian optimistis target swasembada beras pada 2017 bakal tercapai. Ini lantaran, kata Direktur Pupuk dan Pestisida, Ditjen Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanina, Muhrizal Syawan, luas tanam meningkat dibanding tahun lalu. Hingga bulan ini, sekira 40-60 persen lahan sudah ditanami. Sementara pada Juli hingga Agustus mendatang, panen terbesar akan ada di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung.

“Artinya prospeknya kan ada. 60 persen dari keseluruhan produksi kita ada di Oktober sampai Maret itu. Panennya April tadi di mana-mana," kata Direktur Pupuk dan Pestisida, Ditjen Sarana dan Prasarana Kementerian Pertanian, Muhrizal Syawani dalam diskusi di Jakarta (11/5/2015).

Pemerintah menargetkan swasembada terutama pada tiga komoditas yakni padi, jagung, dan kedelai pada 2017 mendatang. Upaya utama yang dilakukan untuk mencapai target tersebut yakni adalah perbaikan infrastruktur, terutama irigasi, memperbaiki penyaluran benih, serta penyediaan pupuk terutama bersubsidi. 

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pascapenggerebekan, Mahasiswa Papua di Surabaya Trauma