BERITA

Lima Kementerian Belum Punya Perpres

Lima Kementerian Belum Punya Perpres

KBR, Jakarta - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (KemenPAN-RB) menyatakan lima kementerian belum memiliki Peraturan Presiden (perpes) tentang struktur kelembagaan. Lima kementerian ini bukanlah kementerian baru pada era pemerintahan Presiden Jokowi. Juru Bicara KemenPAN-RB, Herman Suryatman mengatakan, kementerian yang nomenklaturnya tidak berubah ini diinstruksikan merampingkan lembaganya agar lebih efisiensi. Namun, kementerian tersebut tak diberi batas waktu yang ketat untuk mengubah struktur lembaganya.

"Kalau yang 13 karena ada perubahan nomenklatur, karena kementerian baru atau karena penggabungan, itu sudah tuntas semua perpresnya. Kalau yang 21 kementerian dimungkinkan untuk dilakukan penataan, karena serapannya harus dengan perpres. Perpresnya sedang dalam proses. Tapi itu tadi, batas waktunya kan leluasa, dikembalikan kepada kesiapan masing-masing kementerian," kata Herman kepada KBR, Kamis (14/5/2015).


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegur lima kementerian yang kelengkapan struktur kelembagaannya belum ditandatangani dalam bentuk perpres. Jokowi menilai hal itu akan berdampak pada pencairan dan penyerapan anggaran kementerian. Hal tersebut juga berujung pada pelemahan ekonomi yang terjadi belakangan ini.

 

Editor: Damar Fery Ardiyan

  • KemenPAN-RB
  • Perpres
  • Herman Suryatman
  • Kementerian

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!