BERITA

Kominfo Luncurkan M2M, Izin Frekuensi Radio Beres Satu Hari

"Proses perizinan kelar dalam sehari."

Kominfo Luncurkan M2M,  Izin Frekuensi Radio Beres Satu Hari
Ilustrasi (Foto: KBR)

KBR, Jakarta- Kementerian Komunikasi dan Informatika secara resmi meluncurkan sistem perizinan penggunaan frekuensi radio. Melalui sistem baru ini, proses perizinan dilakukan berbasis machine to machine interface, atau biasa disebut M2M. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengklaim, sistem ini mampu memangkas proses perizinan. Pada proses sebelumnya, izin baru keluar setelah tujuh hari kerja. Sementara dengan sistem yang berbasis M2M, izin dapat dikeluarkan hanya dalam satu hari. Selain itu ia menegaskan, sistem ini juga dianggap lebih transparan.

"Dampaknya dari sisi kecepatam dan dari sisi transparansi. Karena dari masing-masing kantor, mereka tidak perlu lagi datang ke sini apabila ingin mengurus izin. Karena basis ini yang menjalankan adalah mesin, maka mesin juga nantinya yang akan mengurus proses perizinan itu. Jadi sistem ini mengurangi intervensi manusia. Kalau frekuesi yang akan diajukan dianggap clear, maka izin sudah bisa segera terbit pada satu hari saja," katanya kepada jurnalis, Selasa (19/5/2015).


Pada Januari lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika menargetkan untuk memangkas birokrasi beberapa perizinan di bidang pos dan telekomunikasi serta spektrum frekuensi radio. Beberapa jalur birokrasi perizinan yang dianggap tidak perlu dipangkas sehingga penyelesaian perizinan dapat dipercepat. 

Editor: Dimas Rizky

  • radio
  • Frekuensi Siaran
  • Kemenkominfo
  • berita

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!