BERITA

KKP Tenggelamkan 40 Kapal 20 Mei Nanti

"Kapal-kapal tersebut berasal dari Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina."

Ade Irmansyah

KKP Tenggelamkan 40 Kapal 20 Mei Nanti
Penenggelaman kapal (Foto: Antara)

KBR, Jakarta- 40 kapal nelayan asing bakal kembali ditenggelamkan pemerintah lusa. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP, Asep Burhanuddin mengatakan, berdasarkan arahan Presiden, penenggelaman puluhan kapal tersebut akan berlangsung di banyak tempat. Di antaranya, di Bitung, Provinsi Sulawesi Utara dan di Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kata dia, kapal-kapal tersebut berasal dari Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina.

“Waktunya bersamaan antara KKP, TNI AL, sama Pol Air. Tetapi yang Pol Air itu tidak ada karena sudah diserahkan kepada KKP . Jadi rencananya dari KKP ada 18, dari TNI ada 22 kapal. Dengan lokasi, kalau keinginan bapak Presiden disatu tempat, tetapi kan tidak mungkin," ujarnya kepada wartawan di Kantor KKP, Senin (18/5). 

Jadi pembagiannya 1 di Aceh, 1 di Medan, 6 di Pontianak dan 11 di Bitung. Kalau yang TNI AL, 20an mungkin di Ranai karena yang dua itu di Tanjung Balai sama Ende. Pelaksanaan bersamaan tanggal 20 dimulai jam 10 WIB,” ujarnya lagi.

Asep Burhanuddin menambahkan, berbeda dengan cara penenggelaman sebelumnya, penenggelaman 40 kapal nanti hanya merusak sedikit dari bagian kapal. Tujuannya kata dia agar bangkai kapal bisa menjadi rumpin dan bermanfaat bagi nelayan untuk 5 tahun kedepan.

Editor: Dimas Rizky

  • Kapal
  • penenggelaman kapal asing
  • kelautan
  • menteri susi
  • berita
  • kapal nelayan asing

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!