BERITA

Begini Aturan untuk Umumkan Penaikkan Harga BBM

"Ini meyusul rencana Pertamina yang sebelumnya akan menaikkan harga BBM nonsubsidi namun akhirnya dibatalkan."

Begini Aturan untuk Umumkan Penaikkan Harga BBM
SPBU Pertamina. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Pemerintah bakal membuat peraturan terkait prosedur baku penaikan harga BBM subsidi yang akan dilakukan Kementerian ESDM sedangkan harga BBM non-subsidi seperti Pertamax akan diumumkan Pertamina. Ini menyusul rencana Pertamina yang sebelumnya akan menaikkan harga BBM nonsubsidi namun akhirnya dibatalkan. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Sudirman Said mengakui bahwa Pertamina tidak berkonsultasi dengan pemerintah terkait rencana penaikan tersebut. Namun Sudirman juga tak ingin menyalahkan Pertamina karena memang belum ada mekanisme yang mengatur pembagian siapa yang berhak mengumumkan penaikan BBM.

“Jadi kan kemarin (pengumumannya) dicampur-campur tuh antara subsidi dan nonsubsidi. Terus masyarakat jadi bertanya-tanya, bingung. Nanti bersepakat bahwa Pertamina akan mengumumkan yang non-subsidi, pemerintah akan umumkan yang subsidi. Tetapi setiap kali ada pengumumman mengenai kenaikan harga itu harus konsultasi. Karena pemerintah memang punya tugas konstitusi menjaga,” kata Sudirman di Jakarta, Minggu (17/5/2015).


Sudirman menambahkan, hal ini sudah disepakati dalam rapat bersama Pertamina sehari pasca pembatalan penaikkan harga BBM. Sebelumnya Pertamina secara resmi sudah menyebarkan surat pemberitahuan bahwa harga BBM akan dinaikkan per Jumat lalu (15/5/2015) pukul 00:00. Surat tersebut ditandatangani Manager Marketing Region III Pertamina Pramono Sulistyo. Dalam surat itu disebutkan bahwa harga BBM non-subsidi yaitu Pertamax, Pertamax Plus, Pertamina Dex naik. Pertamina mengklaim harga naik lantaran mengikuti harga index pasar. Namun dalam surat juga disebutkan BBM bersubsidi yaitu Solar juga naik dari Rp 6.900 menjadi Rp 9.200 per liter. Sebelum peraturan ini berlaku pada Jumat dini hari, penaikkan harga tersebut dibatalkan.

Editor: Malika

  • Penaikan Harga
  • BBM
  • ESDM
  • Pertamina
  • pertamax

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!