BERITA

APPSI : Kenaikan Harga Komoditas Jelang Ramadhan Capai 50%

APPSI : Kenaikan Harga Komoditas Jelang Ramadhan Capai 50%

KBR, Jakarta- Kenaikan harga komoditas sembilan bahan pokok mencapai 50% dari harga normal menjelang Ramadhan. Menurut Sekretaris Jenderal Asoasiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran, kenaikan beberapa komoditas disebabkan terbatasnya pasokan barang dari distributor ke pedagang. Beberapa jenis komoditas yang mengalami kenaikan adalah bawang merah, cabai, telur, daging ayam, daging sapi, dan minyak goreng.

"Ada beberapa komoditas yang mulai naik terutama cabai, bawang merah, telur, ayam mulai naik di beberapa daerah. Ada yang agak besar naiknya, ada yang sedang tetapi hampir rata-rata naiknya lumayan. Berapa persen kenaikannya? Ada yang 40% ada yang sampai 50%. Di Jakarta saja bawang merah dari Rp 15 ribu sudah ada yang naik menjadi Rp 22-23 ribu, itu yang kecil. Kalau yang besar itu dari Rp 20 ribu sudah sampai Rp 30 ribu," jelas Sekretaris Jenderal Asoasiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran kepada KBR, Sabtu (30/5/2015).

Sekretaris Jenderal Asoasiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Ngadiran berharap pemerintah melalui Kementerian Perdagangan bisa mengantisipasi kenaikan harga ini agar tidak membuat masyarakat kesulitan. Kata dia, pedagang juga menunggu kebijakan operasi pasar yang direncanakan Kementerian Perdagangan untuk menekan kenaikan harga jelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. 

  • APPSI
  • harga sembako
  • Pasar
  • idul fitri
  • Ramadhan
  • kenaikan harga

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!