BERITA

Anggaran Pilkada Serentak Sudah Siap

"Ada sekitar 270 daerah yang akan menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2015"

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Foto: Antara
Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo. Foto: Antara

KBR, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengklaim anggaran tiap daerah yang akan mengikuti pilkada serentak Desember nanti sudah cukup dan siap. Total anggaran sebesar Rp 70 triliun. Meski begitu, masih ada sejumlah daerah yang belum menyepakati anggarannya. Bahkan ada satu provinisi yang anggarannya malah membludak karena komponen anggaran yang ganda. Misalnya komponen makan yang masuk ke anggaran KPU Pusat namun juga masuk dalam APBD.

 “Anggaran sudah kategori siap dan cukup. Siap dan cukup itu oleh versi KPU masih ada beberapa daerah yang belum menandatangani kesepakatan anggaran itu. Belum sepakat itu dari sisi mana nanti kan bisa dirundingkan. Contoh ada satu provinsi. Dengan pilkada serentak kan logikanya lebih murah. Tapi ternyata malah 3x lipat anggarannya. Kan tidak masuk akal. Perlu evaluasi dan duduk bersama,” kata Tjahjo kepada awak media di sela rakor persiapan pilkada serentak di Balai Kartini, Senin (4/5/2015).

 Tjahjo menambahkan, ada sekitar 270 daerah yang akan menggelar pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Sembilan diantaranya adalah pemilihan pasangan gubernur, 224 pemilihan pasangan bupati, dan sebanyak 36 pemilihan pasangan wali kota. Tjahjo juga menyampaikan bahwa kepala daerah yang sedang memimpin di periode kedua lebih malas mengurus anggaran pilkada serentak tersebut.? 

Editor: Malika

  • kemendagri
  • Tjahjo Kumolo
  • pilkada serentak
  • pilkada 9 desember
  • pelanggaran pilkada

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!