Tujuh Ribu Motor untuk Istana

Motor diparkir, buruh berdemo.

NASIONAL

Kamis, 01 Mei 2014 13:04 WIB

Author

Abu Pane

Tujuh Ribu Motor untuk Istana

Hari buruh, Buruh Astra, Parkir Motor

KBR68H, Jakarta – Buruh dari Federasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSPSI) PT Astra memperingati Hari Buruh Sedunia dengan berunjuk rasa. Caranya dengan memarkir tujuh ribuan motor di sepanjang Jalan Merdeka Utara, di depan Istana Presiden. 


Para buruh membentangkan spanduk sembari meneriakkan tuntutan kenaikan upah. Aksi buruh tersebut membuat ruas jalan tersebut tidak bisa dilalui. 


“Dari PT Astra Motor sekitar tujuh ribu motor. Itu dari satu perusahaan. Total keseluruhan yang akan datang tidak bisa diperkirakan. Tetapi menurut informasi ada sekitar 125 ribu buruh yang akan merayakan Hari Bruruh Sedunia,” kata Ketua FSPSI PT Astra, Taufik hari Kamis (1/5). 


Ribuan buruh ini menuntut Peraturan Menteri tentang penentuan upah minimum sektoral dicabut. Selama ini banyak perusahaan yang tidak menjalankan aturan tersebut. 


Para buruh juga menuntut pencabutan Instruksi Presiden tentang Pelibatan TNI/Polri dalam Penentuan Upah Minimum Propinsi. Buruh menilai jika TNI/Polri terlibat maka ini bisa merusak demokrasi. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Omnibus Law untuk Siapa?

Kabar Baru Jam 13

Mengimajinasikan Ibu Kota Baru yang Cerdas dan Berkelanjutan (Bagian 2)