Sikap Demokrat Condong Ke Prabowo, Banyak Kader Pilih Independen

KBR, Jakarta - Partai Demokrat berubah pikiran.

NASIONAL

Rabu, 28 Mei 2014 12:41 WIB

Author

Quinawati Pasaribu

Sikap Demokrat Condong Ke Prabowo, Banyak Kader Pilih Independen

demokrat, prabowo, independen

KBR, Jakarta - Partai Demokrat berubah pikiran. Setelah sebelumnya memilih untuk netral dan tidak berpihak pada Capres tertentu, namun pilihan tersebut berubah. Partai Demokrat secara resmi akan mengumumkan dukungannya pada salah satu Capres dan Cawapres pada tanggal 1 Juni 2014. 


Dalam perubahannya, mereka mengisyaratkan akan mendukung Capres dan Cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, walaupun dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat lebih banyak kader yang memilih agar Demokrat menjadi partai independen dan tidak memihak Capres tertentu.


Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengatakan, isyarat awal sebenarnya muncul dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang digelar di Jakarta. 22 persen kader Demokrat mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, namun lebih banyak yang memilih agar Demokrat menjadi partai independen.


"Ketika Rapimnas berlangsung tidak ada satu pun yang mendukung Jokowi-Jusuf Kalla. Jadi dukungan kesana nol persen. Yang ada 22 persen mendukung Prabowo, 22 persen lagi membuat poros sendiri. Dan 56 persen menyatakan meminta Demokrat agar independen," kata Max Sopacua kepada KBR (28/5).


Namun saat ini arah partai telah berbah. Sebelum memutuskan arah koalisi, Demokrat akan terlebih dahulu mengundang pasangan Prabowo- Hatta Rajasa untuk menyampaikan program-programnya pada 1 Juni 2014 mendatang. Setelah itu, baru Majelis Tinggi Partai Demokrat akan menentukan kepada siapa Demokrat akan berlabuh.


Sebelumnya dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat, Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan bahwa partainya akan bersikap netral alias tidak berkoalisi ataupun mendukung bakal calon presiden dari partai lain. Keputusan ini dihasilkan setelah melalui voting yang menghasilkan 56 persen peserta Rapimnas menginginkan agar Partai Demokrat tidak berkoalisi dengan Capres-Cawapres yang ada.



Editor: Luviana


Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Cek Fakta: Top Five Hoax of The Week

Kabar Baru Jam 17