NASIONAL

Rayakan Hari Pendidikan Nasional dengan 138 Ribu Kelas Rusak

"argetnya perbaikan ruang kelas selesai akhir tahun ini."

Abu Pane

Rayakan Hari Pendidikan Nasional dengan 138 Ribu Kelas Rusak
ruang kelas, kualitas pendidikan

KBR68H, Jakarta – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan lebih dari 138 ribu ruang kelas siswa di berbagai sekolah di seluruh Indonesia dalam keadaan rusak. 

Mendikbud Muhammad Nuh mengatakan meski rusak, ruang kelas masih bisa dipakai karena statusnya hanya rusak sedang. Targetnya ruang kelas akan selesai diperbaiki pada akhir tahun ini. 


“Ruang kelas yang dulu tidak layak dan seterusnya, sekarang sudah relative bagus. Masih ada, tapi jumlahnya sudah jauh berkurang,” kata Muhammad Nuh di Jakarta, Jumat (2/5/2014). 


“Jadi sekolah yang tadinya baik, lalu berubah jadi rusak sedang. Rusak sedang kalau dibiarkan akan jadi rusak berat.”


(baca juga: 3 Tahun, Siswa SD di Bogor Belajar di Teras Depan Kelas


Proses perbaikan sekolah di semua jenjang sudah dipercepat sejak 2011. Muhammad Nuh mengatakan, sudah ada 173 ribu ruang kelas yang berhasil diperbaiki dari jenjang SD sampai SMA. Dana rehabilitasi yang sudah dikucurkan mencapai Rp 20 triliun. 


Editor: Citra Dyah Prastuti 


  • ruang kelas
  • kualitas pendidikan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!