Pengungsi Gunung Sangeang Butuh Masker

KBR, Jakarta - Ratusan pengungsi Gunung Sangeang di Bima, Nusa Tenggara Barat kekurangan stok masker.

NASIONAL

Sabtu, 31 Mei 2014 15:08 WIB

Author

Indra Nasution

Pengungsi Gunung Sangeang Butuh Masker

gunung sangeang, masker, meletus, bima

KBR, Jakarta - Ratusan pengungsi Gunung Sangeang di Bima, Nusa Tenggara Barat kekurangan stok masker. Ini lantaran persediaan alat penutup hidung dan mulut itu terbatas.


Koordinator pos Palang Merah Indonesia Kabupaten Bima, Muslimah mengatakan, meski paparan debu vulkanik mengganggu pernapasan pengungsi. Namun kondisi pengungsi masih dalam keadaan sehat. (Baca: Sangeang Meletus, Kemenhub Peringatkan Penerbanga).

 


"Untuk pengungsi sehat-sehat cuma yang mendesak sekarang adalah masker, ada pos kesehatan juga yang dari dinas kesehatan kabupaten, ada logisitik dari dinas sosial dan BPBD," kata Muslimah kepada KBR (31/05).


Saat ini pengungsi berada di dua pos pengungsian di desa Sangeang.


Jumat sore kemarin Gunung Sangeang di Bima meletus. Asap letusan mencapai ketinggian hingga 3.000 meter dan terbawa angin hingga ke Kota Bima yang berjarak sekitar 70 kilometer. Saat ini Gunung Sangeng berstatus Siaga.


BMKG menyatakan warga dilarang mendekat hingga radius 1,5 kilometer dari kawah gunung. BPBD setempat saat ini terus mengevakuasi warga dan mencari 14 orang yang hilang.



Editor: Quinawaty Pasaribu

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kesiapan Mental sebelum Memutuskan Menikah

Kabar Baru Jam 8

Setahun Pandemi dan Masalah "Pandemic Fatigue"

Kabar Baru Jam 10