Malaysia Selamatkan 14 WNI Korban Perdangan Orang

Kepolisian Malaysia menyelamatkan 14 warga Indonesia korban perdagangan orang.

NASIONAL

Kamis, 01 Mei 2014 15:47 WIB

Author

Guruh Dwi Riyanto

Malaysia Selamatkan 14 WNI Korban Perdangan Orang

luar negeri, perdagangan orang, sindikat, malaysia

KBR68H, Jakarta- Kepolisian Malaysia menyelamatkan 14 warga Indonesia korban perdagangan orang.

Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan, mereka adalah korban yang dijual oleh tersangka Ina dari Indonesia. Kementerian Luar Negeri akan memulangkan korban setelah kepolisian Malaysia tidak lagi memerlukan kesaksian mereka.

"Mereka masih dalam perlindungan polisi kita belum tahu sampai kapan. Biasanya interim protection itu kan dua minggu. Ini baru tiga hari. Jadi, kita masih koordinasi dengan polisi Malaysia. Bagaimana ini penyelesaian mereka? Maunya kita sih mereka dipulangkan saja, tidak usah ditahan di sini. Dalam perlindungan sini karena mereka masih anak-anak. Ini kalau bisa diadili di Indonesia. Jadi, mereka jadi saksi di Indonesia. Lebih gampang, daripada di sini mereka menunggu berbulan-bulan, kan kasihan juga."


Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysa Hermono menambahkan, dari 14 yang diselamatkan, 8 orang diantaranya masih berada dibawah umur. Berdasarkan kesaksian para korban, Hermono memperkirakan ada sekitar 40an orang Indonesia yang masih dieksploitasi oleh jaringan perdagangan orang milik Ina.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ramadan Kelabu Korban Gempa Malang

Kabar Baru Jam 7

Maqam Ibrahim: Mengaji Artefak Arkeologi

Kebebasan dalam Berpakaian

Kabar Baru Jam 8