NASIONAL

KPAI: Jauhkan Anak dari Rokok Sejak di Keluarga

"KBR, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau kepada keluarga di Indonesia untuk menjauhkan anak-anak mereka dari rokok."

KPAI: Jauhkan Anak dari Rokok Sejak di Keluarga
kpai, rokok, anak, keluarga, Maria Advianti

KBR, Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau kepada keluarga di Indonesia untuk menjauhkan anak-anak mereka dari rokok. Imbauan ini disampaikan menyusul meningkatnya jumlah perokok anak di Indonesia, yang mencapai 67 persen pada 2011 silam.


Wakil Ketua KPAI, Maria Advianti beralasan, keluarga memiliki peran penting untuk mencegah anaknya menjadi perokok. Selain keluarga, anak-anak juga harus dijauhkan dari pengaruh rokok yang ada di lingkungan bermainnya maupun di sekolah.


"Kami mengimbau, di lingkungan keluarga, orang tua jangan merokok di depan anak. Anak juga jangan disuruh beli rokok Kemudian di warung atau toko, ketika anak yang membeli rokok jangan diberi," kata Maria Advianti ketika dihubungi KBR, Sabtu (31/5).


KPAI mencatat rentang usia perokok anak membesar pada 10 tahun terakhir. Pada 1999 anak-anak mulai merokok sejak usia 13-18 tahun, pada 2009 anak-anak mulai merokok sejak usia tujuh tahun. Lembaga perlindungan anak itu mendesak iklan rokok dihapus dari televisi dan papan iklan di ruang terbuka.


Editor: Quinawaty Pasaribu

  • kpai
  • rokok
  • anak
  • keluarga
  • Maria Advianti

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!