DPR Setuju BBM Bersubsidi Tak Dijual di Hari Libur

KBR, Jakarta - Komisi Energi DPR menyetujui skema penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi yang dilontarkan pemerintah.

NASIONAL

Kamis, 29 Mei 2014 14:16 WIB

Author

Khusnul Khotimah

DPR Setuju BBM Bersubsidi Tak Dijual di Hari Libur

BBM, BBM bersubsidi, hari libur, pertamina, SPBU

KBR, Jakarta - Komisi Energi DPR menyetujui skema penghematan Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi yang dilontarkan pemerintah.

Skema itu yakni pelarangan membeli BBM bersubsidi saat libur nasional. Anggota Komisi Energi DPR, Ismayatun mengatakan, masyarakat harus dibiasakan untuk tidak terlalu boros. Namun ia memberikan catatan, yakni supaya pemerintah juga harus benar-benar tegas untuk melarang mobil murah LCGC mengkonsumsi bahan bakar minyak bersubsidi. (Baca: Pengusaha SPBU Setuju BBM Subsidi Tak DiJual di Hari Libur)

"Padahal hasil rapat di Komisi 11, LCGC tak boleh menggunakan BBM bersubsidi. Akibatnya membengkak juga. Yang namanya LCGC itu dibebaskan PPNBM nya. PPNBM itu sekira Rp. 1,2 triliun yang juga hak nya pemerintah, "jelas Anggota Komisi Energi DPR Ismayatun.

Anggaran subsidi BBM tahun ini bengkak dari Rp 210,7 triliun menjadi Rp 285 triliun. Agar anggaran APBN tidak jebol, pemerintah lantas memangkas anggaran di 86 kementerian/lembaga sebesar Rp 100 triliun.

Selain itu, kuota BBM subsidi yang ditetapkan dalam APBN 2014 sebesar 48 juta kiloliter diharapkan bisa dipangkas. Caranya dengan membuat dua skema, yakni pelarangan membeli BBM bersubsidi saat libur nasional dan pembatasan konsumsi solar di daerah pertambangan, seperti Kalimantan Timur.

Sementara itu,Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)memperkirakan pasar gelap penjual Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi bakal marak mucul jika pemerintah tetap ngotot tidak akan menjual BBM bersubsidi di hari libur.

Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sudaryatmo mengatakan bahwa rencana tersebut tidak sejalan dengan aturan di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) yang mengharuskan pemerintah menjamin ketersediaan BBM secara berkelanjutan.

Editor: Rony Rahmatha

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Pemerintah akan Evaluasi Peningkatan Serapan Anggaran

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17