NASIONAL

Chairul Tanjung Harus Bisa Jaga Pertumbuhan Ekonomi

"Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menganggap penunjukkan Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator Perekonomian sudah tepat."

Ade Irmansyah

Chairul Tanjung Harus Bisa Jaga Pertumbuhan Ekonomi
Chairul Tanjung, Hatta Rajasa, SBY

KBR, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menganggap penunjukkan Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator Perekonomian sudah tepat. 


Ketua Umum Apindo, Sofjan Wanandi mengatakan, sepak terjang Chairul Tanjung di dunia perekonomian tidak perlu diragukan lagi. Ditambah latar belakangnya sebagai ketua Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) dan menjadi salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Hanya saja, Chairul Tanjung harus bisa memaksimalkan masa kerjanya yang kurang dari setengah tahun lagi.


“Paling sedikit kita harapkan pak Chairul Tanjung ini bisa menjaga jangan sampai ekonomi kita ini turun terus pertumbuhannya. Yang kedua, adalah terobosan-terobosan kecil selama lima bulan ini yang bisa dia lakukan terutama pelaksanaan dari pada rencana-rencana pemerintah yang selama ini belum jalan seperti yang ada di MP3EI, ada di dalam budget dan lain-lain. Bagaimana juga membantu agar budget kita tuh jangan defisit terus-terusan gitu. Bagaimana menjaga agar defisit kita tidak tambah banyak dengan memperbaiki subsidi-subsidi yang terlalu banyak di pemerintahan kita sekarang sedangkan penerimaannya menurun gitu,” ujarnya kepada KBR saat dihubungi.


Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa. 


Sedikitnya ada empat hal yang menjadi tugas utama Chairul Tanjung sebagai Menko Perekonomian. Di antaranya menjaga pertumbuhan ekonomi, kekuatan fiskal dan menguatkan iklim investasi. 


Hatta mengundurkan diri dari jabatan menteri sebagai salah satu syarat untuk mengikuti Pemilihan Presiden 2014. Ia digadang-gadang menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto.


Editor: Antonius Eko 

  • Chairul Tanjung
  • Hatta Rajasa
  • SBY

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!