Setara Minta ACF New York Cabut Penghargaan untuk SBY

LSM Setara Institute meminta lembaga internasional di New York, Appeal Of Conscience Foundation (ACF) agar mencabut gelar tokoh penegak toleransi bagi Presiden SBY.

NASIONAL

Jumat, 24 Mei 2013 11:32 WIB

Author

Evelyn Falanta

Setara Minta ACF New York Cabut  Penghargaan untuk SBY

Setara, ACF New York, SBY

KBR68H, Jakarta- LSM Setara Institute meminta lembaga internasional di New York, Appeal Of Conscience Foundation (ACF) agar mencabut gelar tokoh penegak toleransi bagi Presiden SBY.

Ketua Setara Institute, Hendardi mengatakan penghargaan tersebut justru dapat lebih melancarkan aksi kelompok intoleran terhadap kaum minoritas. Menurutnya, lembaga tersebut tidak mendalami berbagai peristiwa pelanggaran HAM yang terjadi di Indonesia, khususnya sejumlah peristiwa kekerasan yang dialami kelompok minoritas.

"Jadi, apa yang dilakukan oleh pemerintah dengan melakukan pembiaran adalah suatu pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi. Saya kira kita patut memberi kritik kepada pemberi award tersebut. Pemberi award ini setelah saya mendengar dari masyarakat yang hidup, pemberi award ini harus melakukan riset yang lebih mendalam mengenai apa yang terjadi di Indonesia. Kalau dia tahu, ada pembakaran, penyiksaan, dan pembunuhan terhadap kelompok syiah dan yang lainnya maka tidak pantas penghargaan itu diberikan," terang Hendardi.

Ketua LSM Setara Institute, Hendardi menambahkan sejumlah aktivis kemanusiaan di Indonesia tengah menyesalkan tindakan lembaga internasional New York tersebut karena memberikan penghargaan World Statesman kepada Presiden SBY tanpa melihat fakta yang jelas

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri