NASIONAL

Pemerintah Klaim Omzet Ekonomi Kreatif Ratusan Trilliun Rupiah

"Pemerintah mencatat omzet industri ekonomi kreatif di Indonesia sudah mencapai ratusan triliun rupiah."

Pemerintah Klaim Omzet Ekonomi Kreatif Ratusan Trilliun Rupiah
ekonomi kreatif, omzet, hatta radjasa, portalkbr

KBR68H, Jakarta - Pemerintah mencatat omzet industri ekonomi kreatif di Indonesia sudah mencapai ratusan triliun rupiah. Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Hatta Rajasa menuturkan, industri itu telah beromzet hampir Rp 600 triliun rupiah. Kata dia, salah satu sektor utama yang menyumbang cukup besar adalah industri fesyen.

"Industri kreatif kita kan sudah mendekati angka 600 triliun rupiah. Di mana 170 triliun dari fashion. Ada middle-class kita yang memang sudah ingin mengkonsumsi baik makanan, pendidikan, kesehatan, dan fashion yang lebih berkualitas. Jadi itu harus dibangun cluster-clusternya. Institusi kita perkuat dengan kolaborasi. Yang kedua, kita harus tetap perkuat akses kepada permodalan," katanya usai membuka pameran pakaian muslim di Balai Sidang Jakarta.

Oleh sebab itu, menurut Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Hatta Rajasa, kredit usaha rakyat harus didorong agar indsutri ekonomi kreatif semakin berkembang. Terutama di sektor hulunya, seperti industri tekstil. Selain itu, ia juga mengimbau agar pelaku ekonomi kreatif dapat memperkuat pamor produk, sehingga dapat bersaing dengan produk-produk impor.



Editor: Nanda Hidayat

  • ekonomi kreatif
  • omzet
  • hatta radjasa
  • portalkbr

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!