NASIONAL

Menteri ESDM Bakal Panggil Bos Freeport

"Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik akan memanggil Direktur Utama PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto. Pemanggilan bakal dilakukan paling lambat Rabu besok."

Eli Kamilah

Menteri ESDM Bakal Panggil Bos Freeport
Menteri ESDM, Freeport

KBR68H, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik akan memanggil Direktur Utama PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto. Pemanggilan bakal dilakukan paling lambat Rabu besok.

Dalam pertemuan nanti, Jero akan meminta pimpinan perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu bertanggung jawab atas jatuhnya korban jiwa dan luka akibat longsornya area penambangan di Tembagapura, Papua.

“Mungkin hari ini atau besok kita panggil, datang. Jadi tidak boleh PT Freeport menyepelekan pegawai, saya sangat memihak kepada karyawan kepada buruh, jadi tentu perusahaan besarnya bertanggung jawab, memang sudah bertanggung jawab, tetapi harus lebih keras bertanggung jawabnya,”kata Jero di Istana Negara, Selasa (21/5).

Menteri Energi Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan selain memanggil bos Freeport ke Jakarta, pemerintah juga akan mengaudit sistem keamanan da keselamatan pertambangan di lokasi runtuhan. Namun, hal itu belum dapat dilakukan karena petugas penyelamat masih melakukan evakuasi korban.

Menurut Jero, sejumlah korban yang masih terjebak di dalam runtuhan diperkirakan sudah tak bernyawa. Dinding terowongan tambang bawah tanah PT Freeport mengalami runtuh atau longsor lebih dari sepekan lalu.

Editor: Anto Sidharta

  • Menteri ESDM
  • Freeport

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!