Mendagri: Jangan Fotokopi E-KTP

Kementerian Dalam Negeri menghimbau kementerian dan lemba negara tidak memfotokopi KTP elektronik saat memberikan pelayanan kepada masyarakat.

NASIONAL

Selasa, 07 Mei 2013 11:30 WIB

Author

Bambang Hari

Mendagri: Jangan Fotokopi E-KTP

e ktp, foto copy, mendagri gamawan fauzi

KBR68H, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri menghimbau kementerian dan lembaga negara tidak memfotokopi KTP elektronik saat memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menjelaskan, proses penyalinan e-KTP dapat merusak chip penyimpanan data dalam KTP tersebut. Hal ini akan mengakibatkan data penduduk tidak terbaca komputer.

"E-KTP tidak diperkenankan di fotokopi, diklip, dan diberlakukan salah. Jadi perlakuannya tidak seperti KTP biasa. Ini lebih mudah rusak bila sering di-fotokopi. Yang penting kan bukan tampak fisiknya saja sebenarnya. Tapi data yang di dalam chip ini," katanya kepada wartawan.

Hari ini, Menteri Dalam Negeri mengeluarkan surat edaran tentang larangan memfotokopi e-KTP. Surat edaran itu ditujukan kepada menteri, kepolisian, gubernur Bank Indonesia, serta pimpinan daerah seperti gubernur, bupati, dan walikota.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Belgia Kewalahan Hadapi Gelombang Pandemi

Penerimaan Masyarakat terhadap Vaksin Covid-19 Masih Rendah

Ronde 6 - Petani Tembakau

Kabar Baru Jam 8