NASIONAL

MA Akan Cabut Perma dan Sema Terkait Akta Kelahiran

"Mahkamah Agung (MA) meminta para hakim di Indonesia untuk tidak mengadili permohonan akta kelahiran yang telah lewat 1 tahun. Ini lantaran keputusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan pengurusan akta yang lewat setahun tidak melalui pengadilan. Ketua Mah"

MA Akan Cabut Perma dan Sema Terkait Akta Kelahiran
akta kelahiran, MA

KBR68H,Jakarta- Mahkamah Agung (MA) meminta para hakim di Indonesia untuk tidak mengadili permohonan akta kelahiran yang telah lewat 1 tahun. Ini lantaran keputusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan pengurusan akta yang lewat setahun tidak melalui pengadilan. Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali mengatakan akan mencabut semua surat edaran dan peraturan yang berkaitan dengan hal itu.

“Tapi dengan adanya putusan MK ya kita harus patuhi karena itu dianggap bertentangan dengan konstitusi. Saya kira itu tidak masalah bagi pengadilan, ya malah justru mengurangi beban hakim. Nah Cuma saya menerbitkan SeMA bahwa segala permohonan yang masuk agar diselesaikan.”ujar Hatta Ali di Gedung MA

Ketua MA Hatta Ali menambahkan pihaknya nanti akan menerbitkan kembali surat edaran MA yang baru. Surat edaran tersebut bertujuan agar permohonan pengurusan akta yang sudah masuk agar tetap dilanjutkan, sedangkan yang masuk setelah putusan MK akan ditolak.Sebelumnya,Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan gugatan UU Administrasi Kependudukan terkait pengurusan akta kelahiran apabila mengalami keterlambatan lebih dari 60 hari. Dalam pertimbangannya, MK mengutip Pasal 28 tentang Perlindungan Anak.

  • akta kelahiran
  • MA

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!