KPU Kesulitan Petakan Wilayah Pemilu 2014

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku kesulitan memetakan wilayah Pemlilihan Umum (Pemilu) 2014.

NASIONAL

Rabu, 22 Mei 2013 07:08 WIB

Author

Abu Pane

KPU Kesulitan Petakan Wilayah Pemilu 2014

KPU, peta, wilayah pemilu, hadar gumay, jakarta

KBR68H, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku kesulitan memetakan wilayah Pemlilihan Umum (Pemilu) 2014. Anggota KPU, Hadar Nafis Gumay mengatakan dengan pemekaran kecamatan, banyak desa-desa baru bermunculan dan belum terdaftar di Kementerian Dalam Negeri. Akibatnya desa tersebut tidak terdaftar dalam wilayah Pemilu 2014 yang dipetakan KPU. Hadar pun meminta Kementerian Dalam Negeri mendata desa-desa baru baru itu

“Meskipun Kementerian Dalam Negeri telah mengeluarkan moratorium pemekaran wilayah untuk kecamatan dan desa, tetapi pada kenyataannya pemekaran kecamatan dan desa masih terjadi. Terkait hal tersebut KPU telah menerima surat dari wilayah yang memiliki permasalahan di atas. Antara lain dalam surat tersebut disebutkan bahwa Desa Ujung Bau Kecamatan Sirenja Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, telah terbentuk melalui Perda Nomor 5 Tahun 2009,” ujar Hadar di Jakarta, Selasa (21/5).

Sementara itu, Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri, Irman, berjanji menjalin koordinasi dengan KPU untuk mendata desa-desa baru itu. Agustus tahun lalu Kemendagri sudah mengeluarkan moratorium pemekaran kecamatan dan desa. Irman mengklaim moratorium guna mendukung pendataan wilayah Pemilu 2014.

Editor: Doddy Rosadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aliansi Mahasiswa Papua Tolak Pertemuan Jokowi-Tokoh Papua