NASIONAL

Kemenhut Klaim Penurunan Emisi Hingga 73 Persen

"Kementerian Kehutanan mengklaim telah berhasil mengurangi emisi hingga 73 persen dari target yang akan dicapai hingga 2020."

Kemenhut Klaim Penurunan Emisi Hingga 73 Persen
kementerian kehutanan, penurunan emisi

KBR68H, Jakarta - Kementerian Kehutanan mengklaim telah berhasil mengurangi emisi hingga 73 persen dari target yang akan dicapai hingga 2020.

Juru Bicara Kemenhut, Sumarto Suharno mengatakan, capaian tahun ini itu diantaranya atas pemberlakuan kebijakan moratorium hutan yang akan berakhir pada 20 Mei nanti.

Kata dia, pengurangan emisi karbon itu dilakukan secara mandiri tanpa bantuan asing. Meski begitu, kata Sumarto, Norwegia menjanjikan dana hibah sebesar 1 milliar USD atau hampir Rp 9,7 triliun yang akan diberikan pada 7 - 8 tahun ke depan.

"Jadi kalau dukungan itu, ya, sekarang baru janji janji. Yang jelas kalau Kehutanan saat ini kita tidak menerima. Jadi kita sendiri saja tanpa kucuran dana dari Norwegia dan lain lainnya, kita sudah melaksanakan. Hasil evaluasi kita 2012, target dari 26 persen sampai dengan tahun 2020. Kita tahun 2012 saja sudah mencapai 73 persen. Jadi 73 persen dari target 26 persen 2020 kita sudah capai 2012," kata Sumarto kepada KBR68H.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan penurunan emisi sebesar 26 persen pada 2011 lalu. Target tersebut akan lebih tinggi sekitar 41 persen jika pemerintah menerima bantuan asing.

  • kementerian kehutanan
  • penurunan emisi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!