NASIONAL

Indonesia Kekurangan SDM Cegah Teror Dunia Maya

"Indonesia dinilai kekurangan sumber daya manusia dan teknologi untuk mencegah kejahatan terorisme di dunia maya."

Yudi Rahman

Indonesia Kekurangan SDM Cegah Teror Dunia Maya
dunia maya, sdm, theknologi, portalkbr

KBR68H, Jakarta - Indonesia dinilai kekurangan sumber daya manusia dan teknologi untuk mencegah kejahatan terorisme di dunia maya. Ketua Umum Ikatan Konsultan Teknologi Informasi (IKTI), Teddy Sukardi mengatakan, Indonesia tertinggal jauh dari Cina mengenai penanganan cybercrime dan cyberterorism. Kata dia, Indonesia perlu melatih lebih banyak orang untuk menangkal kejahatan dunia maya itu.

“Saran saya kelembagaannya diperkuat, artinya jumlah orang dan penegak hukum yang menangani kriminal dan terorisme di dunia internet jumlahnya mesti banyak orangnya. Ini yang saya rasakan masih sangat kurang, jumlah orangnya. Kalau kita bandingkan dengan Cina, cyber forcenya berjumlah ribuan, kita belum. Alatnya juga mesti ditingkatkan, teknologinya, lembaganya juga dibenahi jangan tumpang tindih,” ucap Teddy Sukardi Ketua Umum Ikatan Konsultan Teknologi Indonesia (IKTI) di PTIK Jakarta.

Ketua Umum Ikatan Konsultan Teknologi Indonesia (IKTI), Teddy Sukardi menambahkan, kejahatan dan terorisme di dunia maya saat ini semakin meningkat. Kata dia, pergerakan sumber dana melalui metode uang elektronik juga memudahkan perpindangan dana untuk kegiatan terorisme.

Editor: Nanda Hidayat

  • dunia maya
  • sdm
  • theknologi
  • portalkbr

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!