Di Asia Tenggara, Indonesia Nomor 2 Tidak Aman Bagi Wartawan

Aliansi Pers Asia Tenggara (SEAPA) menilai Indonesia sebagai negara paling tidak aman bagi wartawan di kawasan itu.

NASIONAL

Selasa, 14 Mei 2013 20:17 WIB

Author

Ade Irmansyah

Di Asia Tenggara, Indonesia  Nomor 2 Tidak Aman Bagi Wartawan

wartawan, seapa, gayathry, ade irmansyah


KBR68H, Jakarta – Aliansi Pers Asia Tenggara (SEAPA) menilai Indonesia sebagai negara paling tidak aman bagi wartawan di kawasan itu.

Direktur Eksekutif SEAPA, Gayathry Venkiteswaran mengatakan, kesimpulan ini ditunjukan oleh berbagai kasus kekerasan yang menimpa wartawan. Termasuk masalah kesejahteraan dan sulitnya membentuk serikat pekerja di perusahaan media.

Meskipun begitu, kata dia, kebebasan pers di Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat jika dibanding dengan negara lain di Asia Tenggara.

“Sejak reformasi itu yang ancaman terhadap jurnalis itu bukan hanya dari pemerintah yah tetapi juga dari pemilik dan kita lihat, trend itu bukan hanya ada di Indonesia tetapi juga terjadi di negara-negara lain di Asi Tenggara. Jadi walaupun jurnalis lebih bebas, tapi mereka mengahadapi ancaman-ancaman yang datang dari corporate ataupun dari pemilik dan ini memberikan cabaran baru kepada jurnalis sebab iya berkaitan dengan kesejahteraan wartawan," kata Gayathry kepada KBR68H di Hotel Atlet Century, Jakarta (14/5).

Direktur Eksekutif SEAPA, Gayathry Venkiteswaran menambahkan, tantangan yang paling berat bagi wartawan saat ini justru datang dari pemilik perusahaan media massa sendiri.

Kata dia, wartawan lebih berani melawan atau mengkritisi pejabat negara ketimbang pemilik perusahaan media.



Editor: Nanda Hidayat

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Mr. Spock dan Homer Simpson: Dinamika Perilaku di Masa Pandemi

Kabar Baru Jam 7

Belenggu Korban Pelecehan Seksual

Kabar Baru Jam 8

Longgar Bikin Lengah?